無基督的聖誕節 Christmas without Christ

聖誕節默想
2022年12月18日(日)
經文:路加福音第二章

因今天在大衛的城裡、為你們生了救主、就是主基督。

路加福音 2:11 (CUVT) 

這一來我們是怎樣慶祝聖誕節?是否無基督的聖誕節嗎?

我們所慶祝的耶穌是誰呢?耶穌就是世人的救主。

祂來到世上成為救主因為世人不能救自己。祂來到世上因為人不能拯救他人。聖經指出基督就是完美的神也是完美的人。為甚麼這很重要?因為若基督不是人,祂不能代表罪人死在十字架!若基督不是上帝,祂的犧牲不能永遠的有效率。是因為祂是雙種特性,耶穌就是完美的救主;是唯一神與罪人的中保。

若之前我們所認識的信仰教導說以自身脫離世界得救恩,聖誕的消息告訴我們神已經來到世界,帶了救恩給我們

耶穌是基督

基督是甚麼含義?基督就是受膏者。這表示耶穌在世界的地位:先知、祭司還有國王。

如舊約的祭司,受膏成為以色列人贖罪獻祭的中保。同樣的耶穌基督,祂是我們的祭司,成為贖罪的中保。祂不只是祭司,祂是那為我們贖罪犧牲的羔羊。

耶穌是上帝

上帝就是主人

祂治理祂的子民,祂是我們的頭,祂對我們有權柄。

所以只在這一節,我們可以認識耶穌的三種身分。我們認識耶穌基督使我們不隨便慶祝聖誕節。

現在有許多人慶祝無基督的聖誕節,所以不覺得奇特如果Christmas寫成 X’mas。如果只一瞬看過去是沒錯。Christmas 沒有了 Christ(基督)。現在我們要注意的是,我們慶祝聖誕的考驗。我們慶祝聖誕是否有基督還是沒有基督?

榮耀歸於上帝

Renungan NATAL
Minggu, 18 Desember 2022
Nats: Lukas 2

Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.

Lukas 2:11 (TB) 

Perayaan Natal yang bagaimanakah yang kita rayakan selama ini? Apakah Natal yang tanpa Yesus?

Siapakah Yesus yang kita rayakan? Yesus adalah Juruslamat manusia.

Dia hadir sebagai Juruslamat oleh karena manusia tidak dapat menyelamatkan dirinya sendiri. Dia hadir sebagai Juruslamat oleh karena sesama manusia juga tidak bisa menyelamatkan sesamanya. Firman Tuhan menunjuk kepada Kristus sebagai sepenuhnya Allah dan sepenuhnya manusia. Mengapa itu sangat penting? Karena jika Kristus bukan manusia, Dia tidak dapat menggantikan manusia berdosa mati di kayu salib! Dan jika Kristus bukan Tuhan, pengorbanan-Nya tidak akan efektif untuk selamanya. Berkat sifat gandanya, Yesus adalah Juruselamat yang sempurna; satu-satunya Perantara antara Allah dan manusia yang berdosa.

Bila kita selama ini mengenal kepercayaan yang mengatakan bahwa keselamatan dengan mengasingkan diri dari dunia ini, Berita Natal memberitahu kita bahwa kerajaan Allah yang telah turun ke dunia, menyatakan keselamatan bagi kita.

Yesus adalah Kristus.

Apa yang dimaksud dengan Kristus? Kristus artinya yang diurapi. Hal ini menunjukkan 3 jabatan Yesus dalam dunia ini, yakni Nabi, Imam dan Raja.

Sama seperti Imam dalam Perjanjian Lama, diurapi untuk mengemban tugas sebagai perantara dalam menyampaikan kurban penghapus dosa umat Israel. Demikian juga halnya Yesus Kristus, Dia adalah Imam bagi kita, yang menjadi perantara pengampunan dosa. Dia bukan saja sebagai Imam, tetapi Dia juga anak domba itu sendiri, yang mengurbankan diri bagi kita.

Yesus adalah Tuhan.

Tuhan sama artinya Tuan.

Dialah yang memerintah umat-Nya, Dialah kepala kita, Dialah yang berkuasa atas kita.

Jadi perhatikanlah dalam satu ayat ini saja, kita bisa mengenal akan tiga hal tentang pribadi Yesus.  Pengenalan kita akan diri Yesus Kristus inilah seharusnya membuat kita tidak sembarangan merayakan Natal.

Sekarang banyak orang merayakan Christmas Without Christ, sehingga tidak heran kita sering melihat tulisan Christmas menjadi X’mas. Kalau kita melihat sekilas ini benar lho, Christmas yang tanpa Christ-nya. Sekarang yang perlu kita perhatikan adalah, ujilah perayaan Natal kita. Apakah Natal kita adalah perayaan yang ada Kristus atau Without Christ.

Soli Deo Gloria💒