完美的赦免之路Jalan Pengampunan Sempurna

主的恩典 
每早晨都是新的 
2024年10月5日,星期六 
經文:利未記 5章 

 利未記 5:7 (和合本):「他的力量若不夠獻一隻羊羔,就要因所犯的罪,把兩隻斑鳩,或是兩隻雛鴿,帶到耶和華面前為贖愆祭。一隻作贖罪祭,一隻作燔祭。」

在神指示關於會幕建造、敬拜儀式和相關規定之後,祂現在揭示了一項重要的規定,即贖罪祭的條例。這項祭祀適用於所有人——無論是那些能夠獻上像山羊或綿羊這樣的大牲畜的人,還是那些只能獻上斑鳩或雛鴿的人,沒有人被排除在外。這意味著,神為祂的每一位子民提供了接近祂並得到赦免的途徑,而不考慮他們的物質能力。

在福音書中,我們看到耶穌的家庭的實際例子。約瑟馬利亞在進入聖殿時,按照摩西律法的規定,獻上了斑鳩和雛鴿。這證明了耶穌基督出生在一個簡樸的家庭中,甚至可以說是物質上貧困的家庭。這與哥林多後書 8:9 (和合本) 中所說的吻合:「你們知道我們主耶穌基督的恩典,祂本來富足,卻為你們成了貧窮,叫你們因祂的貧窮,可以成為富足。」

主耶穌甘心為我們成為貧窮,好讓我們因祂的恩典變得富足。作為完美的贖罪祭,耶穌已經在十字架上為我們完成了祂的使命。無論我們是富有還是貧窮,我們都需要從神那裡得到的赦免,這只能通過基督的犧牲來實現。我們被邀請帶著破碎的心來到祂面前,並懷著感恩的心領受這份赦免的恩典。

生活應用:無論我們的地位是富有還是貧窮,在神面前我們都是需要赦免的罪人。願我們不要再找藉口拖延來到祂面前。正如神在舊約中預備了替代的贖罪祭一樣,今天在基督裡,神已經為我們所有人預備了完美的赦免之路。

榮耀歸於上帝 💒

Rahmat TUHAN
Baru Tiap Pagi
Sabtu, 5 Oktober 2024
Nats: Imamat 5

Imamat 5:7 (TB): “Tetapi jikalau ia tidak mampu untuk menyediakan kambing atau domba, maka sebagai tebusan salah karena dosa yang telah diperbuatnya itu, haruslah ia mempersembahkan kepada TUHAN dua ekor burung tekukur atau dua ekor anak burung merpati, yang seekor menjadi korban penghapus dosa dan yang seekor lagi menjadi korban bakaran.”

Setelah Tuhan memberikan petunjuk mengenai pembangunan Kemah Pertemuan, tata ibadah, dan aturan-aturan seputar ibadah, kini Dia menyatakan aturan penting mengenai kurban penghapus dosa. Kurban ini berlaku bagi semua orang—baik mereka yang mampu mempersembahkan ternak besar seperti kambing atau domba, maupun mereka yang hanya mampu mempersembahkan burung tekukur atau merpati. Tidak ada seorang pun yang dikecualikan dari peraturan ini. Artinya, Tuhan menyediakan jalan bagi semua umat-Nya untuk mendekatkan diri kepada-Nya dan menerima pengampunan, tanpa memandang kemampuan materi mereka.

Dalam Injil, kita melihat contoh nyata dari keluarga Yesus. Yusuf dan Maria, saat datang ke Bait Allah, mempersembahkan burung tekukur dan merpati, sesuai dengan aturan yang ditetapkan dalam hukum Musa. Hal ini menegaskan bahwa Yesus Kristus dilahirkan dalam keluarga yang sederhana, bahkan dikategorikan sebagai keluarga yang kurang mampu secara materi. Ini sejalan dengan apa yang dinyatakan dalam 2 Korintus 8:9 (TB): “Karena kamu telah mengenal kasih karunia Tuhan kita Yesus Kristus, bahwa Ia, yang oleh karena kamu menjadi miskin, sekalipun Ia kaya, supaya kamu menjadi kaya oleh karena kemiskinan-Nya.”

Tuhan Yesus rela menjadi miskin demi kita, agar kita bisa kaya dalam kasih karunia-Nya. Sebagai kurban penghapus dosa yang sempurna, Yesus telah melakukan bagiannya dengan menyerahkan diri-Nya di kayu salib. Kini, siapapun kita—baik orang yang mampu maupun tidak—semuanya membutuhkan pengampunan dosa yang hanya bisa diberikan oleh Tuhan melalui pengorbanan Kristus. Kita diundang untuk datang dengan hati yang hancur, dan menerima anugerah pengampunan itu dengan syukur.

Aplikasi untuk Hidup Kita: Apapun status kita, kaya atau miskin, kita semua sama di hadapan Tuhan sebagai manusia berdosa yang memerlukan pengampunan. Kiranya kita tidak lagi beralasan untuk menunda-nunda datang kepada-Nya. Sebagaimana Tuhan menyediakan kurban pengganti dalam Perjanjian Lama, begitu pula dalam Kristus, Tuhan telah menyediakan jalan pengampunan yang sempurna bagi kita semua.

Soli Deo Gloria💒