依然喜樂的事奉祂 Tetap Bersukacita Melayani

Rahmat TUHAN
Baru Tiap Pagi
Jumat, 11 Nov. 2022
Nats: Filipi 1

Filipi 1:6 (TB) Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus.

腓立比書 1:6 (CUVT) 我深信那在你們心裡動了善工的、必成全這工、直到耶穌基督的日子.

Suatu hari ada seorang detektiv terkenal, sedang mengusut sebuah tindakan criminal yang terjadi pada tengah malam. Namun, keesokan harinya ketika diusut segala barang bukti tidak ada satupun yang bisa dijadikan pedoman untuk mengarahkan siapakah pelaku. Sampai suatu ketika ia mendengar gongongan suara anjing, lalu ia bertanya, apakah malam kejadian itu ada suara gonggongan anjing yang terdengar? Ternyata malam itu anjing tidak mengonggong sama sekali. Di saat itulah sang detektif mencurigai seseorang, dan benar saja orang yang dicurigai adalah pelaku criminal tersebut.
Teori ini dikenal sebagai terori “anjing tidak menggongong”. Kenapa bisa detektif menemukan pelakunya? Logikanya adalah, anjing tidak mengonggong hal ini menunjukkan bahwa pelaku pastilah orang yang dikenal baik oleh anjing itu, sehingga anjing tidak mengonggong.

Seseorang yang berpengalaman memiliki pemahaman khusus untuk melihat dan mengetahui sesuatu serta menyingkapkan hal-hal yang tak terpikirkan. Demikian juga dalam pengalaman rohani Rasul Paulus.

Dalam pelayanan Paulus, saya yakin dan percaya Paulus pastilah terus bertanya kepada Tuhan untuk segala sesuatu yang terjadi dalam hidupnya. Setelah dia mengetahui di balik segala sesuatu ada maksud daripada Tuhan di dalamnya, membuatnya bersukacita menghadapinya.

Surat Filipi, bagi Paulus dikenal sebagai surat sukacita.
Paulus bersukacita karena kepenjaraannya tidak membuat para pekerja di Filipi menjadi down dan takut melayani, justru Paulus melihat mereka tetap setia dalam persekutuan pemberitaan Injil dari hari pertama sampai sekarang ini.

Tetap setia melayani di masa-masa aman ini adalah hal yang biasa, tetapi bila tetap bisa melayani sekalipun ada bahaya, ada penjara yang yang nyata akan dihadapi, tetapi tetap setia melayani, ini bukanlah perkara yang mudah. Sebab itulah Paulus memberitahu para pekerja di Filipi, bahwa “aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus.”

Soli Deo Gloria💒