不要效法惡 Jangan Meniru Yang Jahat

上帝的恩典每日更新
2024年8月7日星期三
經文: 約翰三書 1

約翰三書 1:11 (CUVT) 親愛的兄弟阿、不要效法惡、只要效法善。行善的屬乎 神.行惡的未曾見過 神。

當一個小孩開始學習說話時,父母總是會監督並給予良好的榜樣。如果他們以正確的方式成長,孩子將學會正確地說話。然而,如果父母經常說粗話或不雅的話,孩子可能會模仿這種不良行為,而影響他日後的言語。這個例子說明了在我們的日常生活中,模仿好的榜樣是多麼的重要。

在約翰三書 1:11 中,我們被提醒不要效法惡,而要效法善。這段經文清楚地表明,我們所跟隨的榜樣對我們的品格和行為有著深遠的影響。模仿不良行為不僅會使我們遠離善行,還會使我們迷失了生活的方向。

效法惡不僅對我們個人有害,還會影響我們周圍的人。不良行為往往會傳播並影響我們的社會環境。選擇跟隨好的榜樣,我們不僅可以保護自己免受惡行的侵害,還能對他人產生積極的影響。這意味著我們必須更謹慎地選擇我們的榜樣,來確保反映出真正的基督教價值觀。

作為這段經文的應用,讓我們開始從省察我們日常生活中所跟隨的榜樣。我們是否受那些有善良正直人的啟發,還是更容易被那些行為不正當的人所引誘?通過努力效法好的榜樣,我們不僅按照上帝的旨意塑造自己的品格,還能更有效地見證祂的愛與真理。

榮耀歸於上帝💒

Rahmat TUHAN
Baru Tiap Pagi
Rabu, 7 Agustus 2024
Nats: 3Yohanes 1

3 Yohanes 1:11 (TB) Saudaraku yang kekasih, janganlah meniru yang jahat, melainkan yang baik. Barangsiapa berbuat baik, ia berasal dari Allah, tetapi barangsiapa berbuat jahat, ia tidak pernah melihat Allah.

Bila seorang anak kecil yang belajar berbicara. Orang tuanya selalu memantau dan memberikan contoh yang baik. Jika mereka terus bertumbuh dengan cara yang benar, anak tersebut akan belajar berbicara dengan baik. Namun, jika orang tua tersebut selalu berbicara kasar dan kotor, anak tersebut bisa saja meniru perilaku yang salah dan berisiko bagi tutur katanya. Ilustrasi ini menggambarkan pentingnya meniru contoh yang baik dalam kehidupan kita sehari-hari.

Dalam 3 Yohanes 1:11, kita diingatkan untuk tidak meniru yang jahat tetapi meniru yang baik. Pesan ini jelas menunjukkan bahwa teladan yang kita ikuti sangat mempengaruhi karakter dan perilaku kita. Meniru tindakan yang buruk dapat menjauhkan kita dari kebaikan dan menyebabkan kita kehilangan arah hidup.

Meniru yang jahat bukan hanya merugikan kita secara pribadi tetapi juga dapat berdampak pada orang-orang di sekitar kita. Perilaku yang buruk sering kali menyebar dan mempengaruhi lingkungan sosial kita. Dengan memilih untuk mengikuti teladan yang baik, kita bukan hanya menjaga diri kita dari keburukan tetapi juga memberikan dampak positif bagi orang lain. Ini berarti kita harus lebih selektif dalam memilih siapa yang kita jadikan panutan dan memastikan bahwa mereka mencerminkan nilai-nilai Kristiani yang benar.

Sebagai aplikasi dari ayat ini, mari kita mulai dengan mengevaluasi teladan yang kita ikuti dalam hidup sehari-hari. Apakah kita lebih banyak terinspirasi oleh orang-orang yang menunjukkan kebaikan dan integritas, ataukah kita tergoda untuk mengikuti mereka yang bertindak tidak benar? Dengan berusaha mengikuti teladan yang baik, kita tidak hanya membentuk karakter kita sesuai dengan kehendak Tuhan tetapi juga menjadi saksi yang lebih efektif dalam menyebarkan kasih dan kebenaran-Nya.

Soli Deo Gloria💒