祭司與完美的獻祭 Imam & Korban yang sempurna

上帝的恩典每日更新
2024年7月25日(四)
經文:希伯來書 7

希伯來書 7:26-27 (CUVT)  像這樣聖潔、無邪惡、無玷污、遠離罪人、高過諸天的大祭司、原是與我們合宜的。他不像那些大祭司、每日必須先為自己的罪、後為百姓的罪獻祭、因為他只一次將自己獻上、就把這事成全了。

今日的靈修想要表達的是耶穌就是完美、聖潔、無邪惡、無玷污、遠離罪人的大祭司。這強調耶穌完美的道德與屬靈使祂配得成為人與上帝的完美中保。

耶穌不需要像其他的大祭司,要每天為了自己或為百姓的罪惡獻祭。作為代替,主耶穌犧牲自己以致永恆為人贖罪。這強調耶穌獨特犧牲的優點,僅一次至以永恆的贖罪。

這些教導強調對耶穌基督的信心成為大祭司唯一能賜予完美救恩與人類的贖罪很重要。

成為每天的應用我們可以:

  1. 效法基督的純潔與聖潔:盡量活在純潔與聖潔中,在生活中每一方面效法基督的個性。
  2. 敬畏基督的犧牲:敬畏並回應基督偉大的愛,以獻上感恩的心而活並事奉祂。
  3. 以基督的救恩為優先:認知只有透過基督我們才能得救,所以相信基督是唯一的真道並與祂團契。
  4. 罪惡與悔改的反應:領受基督的饒恕並儘量不犯罪的生活,以謙卑的心願意悔改改過自新。
  5. 爭取真理與公義:每天生活中爭取真理與公義,如基督所行的,服事眾人時教導關於公義與愛的價值觀。

這簡略的應用是我們能夠成為基督在世的見證,彰顯祂的光並按照祂的旨意來事奉

榮耀歸與上帝

Rahmat TUHAN Baru Tiap Pagi
Kamis, 25 July 2024
Nats: Ibrani 7

Ibrani 7:26-27 (TB)  Sebab Imam Besar yang demikianlah yang kita perlukan: yaitu yang saleh, tanpa salah, tanpa noda, yang terpisah dari orang-orang berdosa dan lebih tinggi dari pada tingkat-tingkat sorga,

yang tidak seperti imam-imam besar lain, yang setiap hari harus mempersembahkan korban untuk dosanya sendiri dan sesudah itu barulah untuk dosa umatnya, sebab hal itu telah dilakukan-Nya satu kali untuk selama-lamanya, ketika Ia mempersembahkan diri-Nya sendiri sebagai korban. 

Renungan hari ini hendak menyatakan bahwa Yesus adalah Imam Besar yang sempurna, kudus, tidak bersalah, tidak dicemari oleh dosa, dan terpisah dari orang berdosa. Ini menekankan kesempurnaan moral dan spiritual Yesus yang membuatnya layak untuk menjadi perantara yang sempurna antara manusia dan Allah.

Yesus tidak perlu, seperti imam-imam besar lainnya, yang mengorbankan hewan ternak setiap hari untuk dosa, baik dosa-dosanya sendiri maupun dosa umat. Sebagai gantinya, Tuhan Yesus mengorbankan diri-Nya sekali untuk selamanya untuk menghapus dosa umat manusia. Ini menegaskan keunggulan pengorbanan Yesus yang unik dan sekali untuk selamanya dalam membawa penebusan.

Pengajaran ini menyoroti pentingnya iman dalam Yesus Kristus sebagai Imam Besar yang satu-satunya yang dapat memberikan keselamatan sempurna dan penebusan dosa bagi umat manusia.

Sebagai penerapan dalam hidup sehari-hari kita dapat:

  1. Meneladani Kemurnian dan Kudus Kristus: Berusaha untuk hidup dalam kemurnian dan kekudusan, meniru karakter Kristus dalam setiap aspek kehidupan kita.
  2. Menghargai Pengorbanan Kristus: Menghargai dan merespons kasih Kristus yang begitu besar dengan hidup yang berterima kasih dan penuh pengabdian kepada-Nya.
  3. Menyadari Keutamaan Keselamatan Kristus: Menyadari bahwa hanya melalui Kristus kita dapat mencapai keselamatan, sehingga hidup dengan keyakinan bahwa Kristus adalah satu-satunya jalan yang benar dan hidup dalam persekutuan dengan-Nya.
  4. Menyikapi Dosa dan Pertobatan: Menerima pengampunan Kristus dan berusaha hidup tanpa terjerat dalam dosa, serta dengan rendah hati bersedia bertobat dan memperbaiki kesalahan kita.
  5. Memperjuangkan Kebenaran dan Keadilan: Berjuang untuk kebenaran dan keadilan dalam kehidupan sehari-hari, seperti yang dipraktekkan oleh Kristus, yang mengajarkan nilai-nilai keadilan dan kasih dalam melayani sesama.

Penerapan praktis dari ajaran ini memungkinkan kita untuk hidup sebagai saksi Kristus di dunia ini, memancarkan terang-Nya dan melayani sesuai dengan kehendak-Nya.

 Soli Deo Gloria💒