心的潔淨決定你的視聽 Kesucian Hatimu Menentukan Penglihatan dan Pendengaranmu


上帝的恩典每日更新
2024年7月20日(六)
經文:提多書 1

在潔淨的人、凡物都潔淨.在污穢不信的人、甚麼都不潔淨.連心地和天良、也都污穢了。(提多書 1:15 (CUVT)  )

有兩位好友對於良善的看法不一。

有一天他們到一個美麗的花園。一位朋友因心裡潔淨向上帝獻上感恩。對他來說每一朵綻放的花代表上帝無限的奇妙與愛。他在花朵的細節裡看見美妙與潔淨。

但是另一位朋友的心被嫉妒與不滿所污穢。對他來說,雖然花園很美,他只看見小小的缺失,或者抱怨關於做不好或不完美的事情。對這位朋友,因他受污穢與消極的觀點使他無法享受那些應當是美善與祝福的事情。

這比喻描述了我們的心思意念如何影響了我們看待周圍世界的觀點。

今日的真理教導我們幾個重點:

  1. 心裡潔淨:這段經文強調有潔淨的心看待一切的事務都是潔淨。潔淨的心是信心與真理的果實。
  2. 污穢的心:另一方面,污穢的心在一切事務上沒有看見潔淨。他們的觀點受到破損與被缺少信心所污穢。
  3.  信心的影響:信心在一個人對聖潔的看法扮演重要的角色。信心影響了心思意念,形成了對世界的觀點與一個人的品德衡量標準。

總之,提多書1:15強調屬靈的聖潔很重要,信心在形成觀點的角色很重要,在解決我們的道德問題和決策時需要屬靈洞察力。

榮耀歸與上帝

Rahmat TUHAN\ Baru Tiap Pagi
Sabtu, 20 July 2024
Nats: Titus 1

Titus 1:15 (FAYH)  Orang yang bersih hatinya melihat kebaikan dan kemurnian dalam segala sesuatu. Tetapi orang yang hatinya sendiri jahat dan tidak dapat dipercaya melihat kejahatan dalam segala sesuatu, karena pikirannya yang kotor dan hatinya yang selalu memberontak akan mempengaruhi segala sesuatu yang dilihat dan didengarnya.

Ada kisah tentang dua orang sahabat yang berbeda pandangan dalam melihat kebaikan sesuatu.

Suatu hari mereka mengunjungi sebuah taman bunga yang indah. Salah satu sahabat memiliki hati yang suci dan penuh dengan rasa syukur kepada Tuhan. Baginya, setiap bunga yang mekar adalah sebuah keajaiban dan tanda kasih sayang Tuhan yang tak terhingga. Dia melihat keindahan dan kesucian dalam setiap detail taman bunga tersebut.

Namun, sahabat yang lain memiliki hati yang tercemar oleh kecemburuan dan ketidakpuasan. Baginya, meskipun taman bunga itu indah, dia hanya bisa melihat cacat-cacat kecil yang mungkin ada, atau mengeluh tentang hal-hal yang tidak selesai atau kurang sempurna. Bagi sahabat ini, pandangannya yang negatif dan tercemar membuatnya tidak bisa menikmati keindahan dan kebaikan yang seharusnya dilihat sebagai berkat.

Ilustrasi ini menggambarkan bagaimana pandangan kita terhadap dunia sekitar kita sangat dipengaruhi oleh kondisi hati dan pikiran kita.

Kebenaran hari ini mengajarkan beberapa hal penting:

  1. *Kesucian Hati*: Ayat ini menekankan bahwa mereka yang memiliki hati yang suci melihat kesucian dalam segala hal. Kesucian hati ini adalah hasil dari iman dan kebenaran.
  2. *Hati yang kotor*: Di sisi lain, mereka yang hatinya kotor tidak melihat kesucian dalam apapun. Persepsi mereka tercemar oleh keburukan dan kekurangan iman.
  3. *Pengaruh Iman*: Iman memainkan peran krusial dalam bagaimana seseorang melihat kesucian. Iman mempengaruhi baik pikiran maupun nurani, membentuk pandangan dunia dan penilaian moral seseorang.

Secara keseluruhan, Titus 1:15 menegaskan pentingnya kesucian batin, peran iman dalam membentuk persepsi, dan kebutuhan akan pembedaan rohani dalam menavigasi masalah-masalah moral dan keputusan kita.

Soli Deo Gloria