完全順服 Ketaatan Total

Rahmat TUHAN
Baru Tiap Pagi
Minggu, 6 Nov. 2022
Nats: Yakobus 2

Yakobus 2:10-11 (TB) Sebab barangsiapa menuruti seluruh hukum itu, tetapi mengabaikan satu bagian dari padanya, ia bersalah terhadap seluruhnya.
Sebab Ia yang mengatakan: “Jangan berzinah”, Ia mengatakan juga: “Jangan membunuh”. Jadi jika kamu tidak berzinah tetapi membunuh, maka kamu menjadi pelanggar hukum juga.

雅各書 2:10-11 (CUVT) 因為凡遵守全律法的、只在一條上跌倒、他就是犯了眾條。原來那說不可姦淫的、也說不可殺人.你就是不姦淫、卻殺人、仍是成了犯律法的。

Kita mungkin bangga dengan kenyataan bahwa kita tidak pernah membunuh siapa pun atau tidur dengan pasangan orang lain. Tetapi jangan lupa bahwa Yesus berkata bahwa kebencian atau penghinaan terhadap sesama adalah pembunuhan di dalam hati, dan memandang penuh nafsu kepada orang lain juga adalah perzinahan.

Yakobus menambahkan bahwa menunjukkan pilih kasih terhadap hukum adalah dosa dan melanggar hukum Allah.  Kalau begitu adakah dalam dunia ini yang tidak berdosa? Jadi jika hukum Tuhan seperti ini, apa harapan kita? Bagaimana seseorang bisa lolos dari penghakiman Tuhan? Jelas, satu-satunya harapan kita adalah percaya kepada Yesus Kristus yang dapat membayar hukuman bagi kita! Hanya Dia yang dapat menyelamatkan kita dari dosa-dosa kita.

Yakobus memberi peringatan kepada umat Tuhan agar tidak pilih-pilih dalam menaati firman Tuhan. Seluruh hukum Tuhan harus ditaati! Mengapa? Yakobus menyebut hukum Tuhan sebagai hukum kerajaan Artinya hukum itu berasal dari Allah sebagai Raja kehidupan, dan menjadi ciri dari orang yang terhisab dalam kerajaan-Nya. Melanggar hukum Tuhan, meski hanya satu, berarti menolak pemerintahan Allah dan menyangkali kewargaan dalam kerajaan-Nya.

Sebab barangsiapa menuruti seluruh hukum itu, tetapi mengabaikan satu bagian dari padanya, ia bersalah terhadap seluruhnya (ay. 10). Kiranya TUHAN menolong kita.

Soli Deo Gloria💒