有責任的自由 Kebebasan Yang Bertanggungjawab

Rahmat TUHAN
Baru Tiap Pagi
Jumat, 4 November 2022
Nats: 1 Korintus 10

Kebebasan Yang Bertanggungjawab

1 Korintus 10:23-24 (TB) “Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu berguna. “Segala sesuatu diperbolehkan.” Benar, tetapi bukan segala sesuatu membangun.
Jangan seorang pun yang mencari keuntungannya sendiri, tetapi hendaklah tiap-tiap orang mencari keuntungan orang lain.

歌林多前書 10:23-24 (CNVT) 凡事都要榮耀 神甚麼事情都可以作,但不是都有益處。甚麼事情都可以作,但不是都能造就人。人不要求自己的好處,卻要求別人的好處。

Sebagai umat Tuhan hal apakah yang harus dipertimbangkan untuk boleh dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan?. Tuhan memberikan kehendak bebas untuk memilih dan melakukan, namun kebebasan yang Tuhan berikan bagi kita adalah sebuah tanggungjawab.

Sekalipun ada banyak hal yang boleh kita lakukan sehubungan dengan hal makanan. Tetapi kalau sampai makanan yang kita makan bisa menjadi batu sandungan bagi orang lain, atau minuman yang kita minum membuat orang yang lemah imannya menjadi jatuh kerohaniaannya, maka sebaiknya kita menahan kebebasan kita untuk tidak memakan atau meminumnya.

Selain itu 1 Korintus 10:31 mengingatkan kita: “Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.” Sebab itu, sekalipun kita bebas untuk makan apapun pikirkanlah apakah memuliakan Tuhan.

Saudaraku, bila makan minum itu bisa membuat orang tersandung, janganlah kita melakukannya. Bila minuman yang kita minum bisa membuat orang lain merasa syak di hati, lebih baiklah kita menahan diri untuk tidak meminumnya. Karena apapun yang kita lakukan, kita bukan hanya berpikir untuk kebaikan diri sendiri saja, tetapi orang lain juga. Kiranya Tuhan menolong kita.

Soli Deo Gloria💒