有智慧的說話 Bijaksana dalam berkata-kata

上帝的恩典每日更新
2023年8月25日(五)
經文:約伯記第三十四章

願約伯被試驗到底、因他回答像惡人一樣。

約伯記 34:36 (CUVT) 

真的令人傷心也可悲。約伯受苦難失去所有的孩子,所有的財產甚至自己染上疾病。雪上加霜別人說他是應當受苦也被指責他所說的話像惡人一樣。

指責約伯有罪應當受苦肯定失去了憐憫的心。與本身是真理的主耶穌不同,當祂活著服事的時候,祂心裡充滿憐憫,所以有許多人得醫治即使那時候是安息日,按照猶太人習俗安息日不可行任何事情。

我的弟兄姊妹們,我們在說出內心的時候必須考慮有敏銳憐憫的心。我們不要因為真理隨意的說出話來,也不要急著做結論人受苦因為他的罪孽。即使事實上並不一定如此。

上帝賜給我們真理來去愛,去安慰也堅固別人。上帝賜給我們真理目的不是要我們論斷別人,更何況沒有憐憫的心用真理去傷害那些已經受苦的人。但願上帝幫助我們有智慧的表達真理。

榮耀歸與上帝💒

Rahmat TUHAN Baru Tiap Pagi
Jumat, 25 Agustus 2023
Nats: Ayub 34

Memang sepantasnya engkau mengalami ujian yang berat karena cara engkau berbicara tentang Allah sama seperti orang yang jahat.

Ayub 34:36 (FAYH) 

Sungguh menyedihkan dan menyakitkan sekali. Ayub yang telah menderita kehilangan semua anaknya, semua hartanya bahkan dirinya sendiri digerogotin sakit penyakit. Ditambah lagi orang yang mengatakan ia memang pantas menerimanya dan dituduh perkataannya sama seperti orang jahat.

Orang yang menuduh Ayub berdosa dan pantas menderita, tentu kehilangan hati yang berbelas kasihan. Berbeda dengan Tuhan Yesus yang adalah Sang Kebenaran itu sendiri, ketika Ia hidup dan melayani, hatinya penuh dengan belas kasihan, sehingga banyak orang disembuhkannya sekalipun waktu itu adalah hari Sabat, yang menurut agama Yahudi, hari yang dikuduskan untuk tidak boleh melakukan apa-apa.

Saudaraku, kepekaan dan hati yang berbelas kasihan haruslah menjadi pertimbangan kita dalam mengutarakan isi hati kita. Janganlah kita dengan leluasa karena alasan menyatakan kebenaran, kemudian dengan cepat ambil kesimpulan orang yang menderita pasti karena dosanya. Padahal hal yang sesungguhnya tidaklah pasti demikian.

Tuhan memberikan kita kebenaran untuk mengasihi, menghibur dan menguatkan. Tuhan tidak bertujuan memberikan kita kebenaran untuk menghakimi, apalagi dengan tanpa belas kasihan memakai kebenaran untuk menyakiti orang yang sudah menderita. Kiranya Tuhan menolong kita untuk bijaksana mengungkapkan kebenaran.

Soli Deo Gloria💒