智慧與聰明 Hikmat dan Kepintaran

上帝的恩典美日更新
2023年8月22日(二)
經文:約伯記第廿八章

智慧從何處來呢.聰明之處在哪裡呢。他對人說、敬畏主就是智慧、遠離惡便是聰明。

約伯記 28:20, 28 (CUVT) 

一個人可望有智慧但是求從上帝以外的來源並靠自己的能力。他的智慧是從道德與自然定律的研究得來的。或者人若不從上帝的話語裡所彰顯的真理。默想與研究不會得到真正的智慧,反而是愚昧。遠離上帝的智慧是徒勞的。

智慧與聰明不同。世上有許多聰明人但沒有智慧。因此,在上帝面前他們是愚昧的人。相反的,一個人有從上帝而來的智慧,他的聰明是用來遠離行惡。

親愛的弟兄姊妹,以敬畏上帝的心從上帝得來的智慧,敬畏的心不施行不合乎上帝旨意的事。以上帝的智慧為基礎的聰明,必定遠離不合乎上帝旨意的事。來!我們成為有智慧並以敬畏上帝的心為基礎的聰明人。

榮耀歸與上帝💒

Rahmat TUHAN Baru Tiap Pagi
Selasa, 22 Agustus 2023
Nats: Ayub 28

Hikmat itu, dari manakah datangnya, atau akal budi, di manakah tempatnya?tetapi kepada manusia Ia berfirman: Sesungguhnya, takut akan Tuhan, itulah hikmat, dan menjauhi kejahatan itulah akal budi.”

Ayub 28:20, 28 (TB) 

Seseorang rindu berhikmat namun mencarinya terlepas dari Allah dan dengan memakai kekuatannya sendiri. Dia belajar hikmat melalui usaha perenungan terhadap hukum moral dan penelitian atas hukum alam. Atau jika orang tidak sungguh-sungguh mengenal penyataan Ilahi di dalam Firman Allah. Perenungan dan penelitiannya tidak akan menghasilkan hikmat sejati, sebaliknya adalah kebodohan. Hikmat yang terlepas daripada TUHAN, adalah hal yang sia-sia.

Hikmat berbeda dengan kepintaran. Dalam dunia ada banyak orang pintar namun tidak berhikmat. Dengan demikian, di mata Allah mereka adalah orang-orang bebal. Sebaliknya, seseorang yang memiliki hikmat daripada Allah, akal budinya(kepintarannya) dipergunakan untuk menjauhi kejahatan.

Saudara yang terkasih, perolehlah hikmat yang daripada Allah, dengan hati yang takut akan TUHAN, takut melakukan apa yang tidak sesuai kehendak TUHAN. Kepintaran yang dilandaskan hikmat Allah, pastilah akan menjauhi hal-hal yang tidak berkenan kepada TUHAN. Marilah kita menjadi pribadi-pribadi yang berhikmat dan akal budi yang dilandaskan pada hati yang takut akan TUHAN.

SOLI DEO GLORIA💒