以斯拉的榜樣 Teladan Ezra

上帝的恩典每日更新
2023年7月27日(四)
經文:以斯拉記第九章

因他們為自己和兒子、娶了這些外邦女子為妻、以致聖潔的種類和這些國的民混雜.而且首領和官長、在這事上為罪魁。我一聽見這事、就撕裂衣服和外袍、拔了頭髮和鬍鬚、驚懼憂悶而坐。

以斯拉記 9:2-3 (CUVT)

那些不實行真理的人我們對他會怎麼樣?那些違抗上帝誡命的人我們對他會怎麼樣?

在以斯拉時代,上帝子民已經嚴重的違抗上帝的誡命,從宗教首領開始已經與當地人混雜,導致神子民不再敬拜造物主。

看到這樣的情況,祭司以斯拉不發怒也不把情緒發洩在子民身上。擁有影響力的以斯拉他也可以聚集那些違背上帝誡命的人審判他們。以斯拉反而以撕裂衣服和外袍、拔了頭髮和鬍鬚表達了他內心的上痛並懇求上帝的饒恕。

我的弟兄姊妹們,要為那些行惡的人禱告,是今天早上靈修的屬靈榜樣。比起用我們的手來指著別人定罪,或者影響他人來跟著伸冤,這都不是上帝的教導。我們不要去審判別人的罪,但事實上我們自己也正在行惡。但願上帝幫助我們。
榮耀歸與上帝💒

Rahmat TUHAN Baru Tiap Pagi
Kamis, 27 July 2023
Nats: Ezra 9

Karena mereka telah mengambil isteri dari antara anak perempuan orang-orang itu untuk diri sendiri dan untuk anak-anak mereka, sehingga bercampurlah benih yang kudus dengan penduduk negeri, bahkan para pemuka dan penguasalah yang lebih dahulu melakukan perbuatan tidak setia itu.” Ketika aku mendengar perkataan itu, maka aku mengoyakkan pakaianku dan jubahku dan aku mencabut rambut kepalaku dan janggutku dan duduklah aku tertegun.

Ezra 9:2-3 (TB)


Apakah yang akan kita lakukan terhadap orang yang benar-benar tidak melakukan kebenaran? Apa yang akan kita lakukan terhadap mereka yang melanggar Firman TUHAN?


Pada zaman Ezra umat Tuhan telah melakukan pelanggaran firman Tuhan yang fatal, dimulai dari para pemuka agama sampai para umat telah melakukan kawin campur dengan penduduk setempat, sehingga akibatnya para umat tidak lagi beribadah kepada Allah Sang Pencipta.

Melihat kondisi yang demikian, Imam Ezra bukannya marah dan melampiaskan emosinya terhadap mereka. Ezra yang memiliki pengaruh bisa saja ia mengumpulkan orang-orang untuk menghakimi mereka yang telah benar-benar melanggar kebenaran firman Tuhan. Ezra malah menyatakan kedukaannya yang mendalam atas dosa umat Tuhan, dengan mengoyakkan pakaiannya, mencabut janggutnya dan berdoa meminta pengampunan Tuhan.

Saudaraku, berdoa bagi mereka yang melakukan kesalahan, merupakan teladan rohani renungan pagi ini. Daripada kita mempergunakan tangan kita untuk menunjuk kesalahan orang lain, atau mempengaruhi orang untuk ikut menghakimi, ini bukanlah ajaran firman Tuhan. Jangan sampai kita yang menghakimi pelanggaran orang lain, namun ternyata kita sendiri orang yang sedang melakukan pelanggaran. Kiranya Tuhan menolong kita.…

Soli Deo Gloria💒