跟隨耶穌的動機 Motivasi Mengikuti Yesus

上帝的恩典每日更新
2023年7月25日(二)
經文:馬可福音第九章

耶穌坐下、叫十二個門徒來、說、若有人願意作首先的、他必作眾人末後的、作眾人的用人。

馬可福音 9:35 (CUVT)

門徒認為耶穌將成為大王,所以其中兩位門徒坦白說想要大夫所建立的國度擁有重要的職位。耶穌反而糾正了他們的想法,說在祂的國度裡的大職位是按照他願不願意來事奉別人。

耶穌與屬世的觀點不同,屬世的認為我們的地位是按照有多少人為我們服務。世界原本是尋找有權利、名利及財力的職位。屬世的志向是接受榮譽與關注,但是對基督徒來說並非如此。

主耶穌所說的話至少有兩個基本學程:

第一、耶穌拒絕以自己為中心的生活方式,就如門徒們所顯現出來。掌權的慾望常常破壞上帝與人的關係

第二、耶穌邀請門徒們進入新的生活方式,就是願意學習從小事上做起。默想從小小的自我與上帝親近。一個人從來不會成為成熟與有質量的領導若不從小事上做起。

榮耀歸與上帝💒

Rahmat TUHAN Baru Tiap Pagi
Selasa, 25 July 2023
Nats: Markus 9

Lalu Yesus duduk dan memanggil kedua belas murid itu. Kata-Nya kepada mereka: “Jika seseorang ingin menjadi yang terdahulu, hendaklah ia menjadi yang terakhir dari semuanya dan pelayan dari semuanya.”

Markus 9:35 (TB)

Murid-murid mengira bahwa Yesus sebentar lagi akan menjadi Raja besar, sehingga dua di antara mereka berterus terang meminta jabatan posisi penting dalam kerajaan yang didirikan Sang Guru. Yesus justru meluruskan pemahaman mereka bahwa kebesaran dalam kerajaan-Nya tergantung dari kesediaan orang untuk melayani orang lain.

Pandangan Yesus berbeda dari pandangan dunia yang menganggap bahwa kebesaran ditentukan oleh seberapa banyak orang yang melayani kita. Dunia memang mencari kebesaran dalam bentuk kuasa, popularitas, dan kekayaan. Ambisi dunia adalah menerima perhatian dan penghargaan. Namun tidaklah bagi para pengikut Kristus.

Inti perkataan Tuhan Yesus minimal ada dua pembelajaran mendasar:

Pertama, Yesus menolak gaya hidup yang berpusat pada diri sendiri, sebagaimana dipertontonkan oleh para murid. Hasrat kekuasaan kerap merusak hubungan dengan Allah dan sesama.

Kedua, Yesus mengundang semua murid-Nya untuk memasuki sebuah model hidup baru, yaitu bersedia belajar dan meneladani dari hal yang paling kecil. Menghayati kedekatan bersama Allah dengan mendekat kepada pribadi yang terkecil. Seseorang tidak akan pernah bisa menjadi seorang pemimpin yang matang dan berkualitas, jika ia tidak memulainya dari hal-hal kecil.

Soli Deo Gloria💒