當恐懼來臨 Kala Ketakutan Datang Melanda

上帝的恩典每日更新
2023年7月14日(五)
經文:歷代志下第廿章

有人來報告約沙法說、從海外亞蘭〔亞蘭又作以東〕那邊有大軍來攻擊你、如今他們在哈洗遜他瑪、就是隱基底。約沙法便懼怕、定意尋求耶和華.在猶大全地宣告禁食。

歷代志下 20:2-3 (CUVT) 

當恐懼來臨你會做出甚麼反應?

約沙法成為國王當他聽到消息有大軍將攻擊他的子民。他第一件做出的事情並不是聚集他所有的兵丁或與顧問討論如何請求其他國來參與政戰。

約沙法國王更是選擇給予命令全人民禱告與禁食懇求上帝的幫助。他們禱告與禁食當中,上帝安慰他們最後為他們打仗,簡之而言,在爭戰當中與他們為敵的聯盟軍隊反而互相殘殺。

我的弟兄姊妹們,不要懼怕在人所做的計畫。雖然有許多的人聯合來與你作敵,向上帝禱告,懇求上帝的憐憫。因為上帝不單單為你“作戰”,祂能使那些聯合與你作敵的人反而互相分裂。

若上帝在我們這一邊。我們能做的就是依靠上帝,把所有的問題交託給上帝。

榮耀歸與上帝💒

Rahmat TUHAN Baru Tiap Pagi
Jumat, 14 July 2023
Nats: 2Tawarikh 20

Raja Yosafat menerima berita bahwa satu pasukan tentara yang besar jumlahnya sedang datang dari seberang Laut Asin, dari Aram (Siria) untuk menyerang Yehuda. Mereka sekarang telah sampai di Hazezon-Tamar, yang juga disebut En-Gedi. Raja Yosafat sangat terkejut mendengar berita itu. Ia memutuskan untuk memohon pertolongan TUHAN. Maka ia mengumumkan kepada segenap bangsa Yehuda untuk berpuasa selama beberapa waktu (dan bertobat serta berdoa kepada Allah).

2 Tawarikh 20:2-3 (FAYH) 

Apakah yang akan Anda lakukan ketika dilanda ketakutan?

Yosafat sebagai seorang raja ketika mendengar pasukan besar yang bersekutu hendak menyerang negaranya. Hal pertama dan yang terutama dilakukan bukanlah mengumpulkan seluruh panglima perangnya atau berdiskusi dengan para penasehatnya untuk mencari bantuan bangsa lain untuk maju berperang.

Raja Yosafat lebih memilih memberikan perintah kepada seluruh rakyatnya untuk berdoa dan berpuasa, memohon pertolongan daripada Allah. Di tengah doa dan puasa yang mereka lakukan, TUHAN menghibur mereka dan akhirnya mengadakan perang bagi mereka, singkat cerita dalam medan peperangan justru lawan yang bersekutu melawan mereka malah saling berperang satu sama lain dan saling membunuh.

Saudaraku, janganlah takut pada apa yang direncanakan manusia. Sekalipun ada banyak  orang yang berkompromi untuk memusuhi Anda, berdoalah kepada TUHAN, mohonlah belas kasihan daripada Allah. Karena Allah bukan saja bisa “berperang” bagi Anda, Dia bahkan bisa membuat mereka yang berkompromi melawan Anda justru terpecah belah satu dengan lainnya.

Bila Allah ada dipihak kita. Tugas kita adalah berserah kepada Allah, menyerahkan permasalahan kita kepadaNya.

Soli Deo Gloria💒