少數與多數 Minoritas dan Mayoritas

上帝的恩典每日更新
2023年7月13日(四)
經文:歷代志下第十八章

有一人隨便開弓、恰巧射入以色列王的甲縫裡.王對趕車的說、我受了重傷、你轉過車來、拉我出陣罷。那日陣勢越戰越猛.以色列王勉強站在車上抵擋亞蘭人、直到晚上.約在日落的時候、王就死了。

歷代志下 18:33-34 (CUVT) 

以色列王亞哈要打仗並招聚了這一來他喜歡的四百位先知。這四百位先知也知道亞哈所喜愛的事也給予了亞哈所喜愛的建議。

約沙法是亞哈的岳父已經警告亞哈必尋求上帝的先知。但是亞哈不喜愛上帝的先知米該雅因為亞哈認為這上帝的先知所預言的不合乎他的心意。即使先知米該雅所預言的是從上帝而來。

亞哈所預想的正如發生了,米該雅先知預言上帝所告知的,他們將在征戰中凌亂分散,簡之他們面臨敗戰。但是因為先知米該雅所告訴他們的是少數,甚至先知米該雅曾經被其他先知打一巴掌。最後亞哈改裝穿著一般兵丁的戰服,但是注意在戰場中恰巧無方向的一弓箭,射入亞哈王並在戰爭中陣亡。

我的弟兄姊妹們,上帝的旨意有時候與多數人的聲音不一樣。若我們知道我們所做的是合乎上帝的旨意,雖然要負起代價,依然要順從祂的誡命。

榮耀歸與上帝💒

Rahmat TUHAN Baru Tiap Pagi
Kamis, 13 July 2023
Nats: 2Tawarikh 18

Secara kebetulan seorang prajurit Siria melepaskan anak panahnya tanpa mengarahkannya ke sasaran tertentu. Tetapi anak panah itu mengenai Ahab dan menembus baju perangnya pada bagian sambungannya. “Aku kena!” seru Ahab kepada pengemudi keretanya, “Putar dan bawalah aku ke luar dari pertempuran!”  Tapi karena pertempuran masih berkobar, Raja Ahab tetap berdiri sambil ditopang dalam keretanya menghadap tentara Siria. Pada waktu matahari terbenam ia meninggal.

2 Tawarikh 18:33-34 (BIMK) 

Raja Ahab yang hendak mengadakan peperangan meminta masukan dari 400 nabi yang selama ini dia sukai. Demikian juga ke 400 nabi yang mengetahui apa yang disukai raja Ahab selalu memberikan masukan sesuai dengan apa maunya raja Ahab.

Raja Yosafat yang merupakan besan raja Ahab telah memperingatinya agar mencari masukan dari nabi Allah. Tetapi nabi Allah yang bernama Mikha itu tidak disukai raja Ahab, karena nabi Allah ini dianggap selalu meramalkan apa yang tidak sesuai dengan keinginan hati Ahab. Padahal apa yang disampaikan nabi Mikha itulah kehendak daripada Allah.

Benar seperti dugaan raja Ahab, nabi Mikha menubuatkan apa yang disampaikan Allah, bahwa mereka akan di kucar kacirkan lawan dalam peperangan, singkatnya mereka akan kalah. Tetapi oleh karena informasi yang nabi Mikha sampaikan adalah suara minoritas, dan bahkan nabi Mikha juga sempat ditampar oleh nabi lainnya. Akhirnya raja Ahab pergi berperang dan menyamar dengan mengenakan pakaian prajurit biasa, tetapi perhatikanlah justru di medan perang sebuah kebetulan anak panah yang tanpa sasaran, nyasar mengenai raja Ahab dan akhirnya ia tewas dalam medan peperangan.

Saudaraku, kehendak Allah kadangkala bisa berbeda dengan suara mayoritas yang ada. Bila kita tahu apa yang kita lakukan adalah sesuai kehendak TUHAN, sekalipun ada resiko yang harus dihadapi, tetaplah taat pada perintahNya.

Soli Deo Gloria💒