婆媳 Mertua & Menantu

上帝的恩典每日更新
2023年4月28日(五)
經文:路得記第一章

路得說、不要催我回去不跟隨你、你往那裡去、我也往那裡去.你在哪裡住宿、我也在那裡住宿.你的國就是我的國、你的 神就是我的 神.

路得記 1:16 (CUVT) 

拿俄米與路得的故事是感人的故事。拿俄米剛開始的時候擁有美滿幸福的生活,她有一位丈夫與兩個孩子。她兩個小孩帶最後也結婚了。拿俄米有兩位敬畏與順服的兒婦。

但是災禍不可避免,當拿俄米的丈夫過世了,時間的流逝拿俄米的兩位兒子也過世。因此兩位兒婦成為寡婦,但是兩位的兒婦忠實的跟隨拿俄米。

到最後拿俄米催足兩位兒婦叫她們離開她,這就是為了她兩位兒婦的好。拿俄米也愛她兩位兒婦。兩位兒婦也有這種感覺。

路得,拿俄米第二兒婦也被催促離開,最後她很堅持的表達她的內心記載在這段經文。路得並沒有離開她的婆婆,她願意陪伴無論婆婆到那裡去。路得對長輩的忠誠與尊敬,最後有結果子,路得因婆婆的勸勉再次的有了家庭。

我的弟兄姊妹們,拿俄米與路得是感人的婆媳間的典範。你的神是我的神這句話表達同心敬拜同樣的神。這樣如此虔誠的人難道上帝會離棄她嗎?

榮耀歸與上帝💒

Rahmat TUHAN Baru Tiap Pagi
Jumat, 28 April 2023
Nats: Rut 1

Tetapi kata Rut: “Janganlah desak aku meninggalkan engkau dan pulang dengan tidak mengikuti engkau; sebab ke mana engkau pergi, ke situ jugalah aku pergi, dan di mana engkau bermalam, di situ jugalah aku bermalam: bangsamulah bangsaku dan Allahmulah Allahku;

Rut 1:16 (TB) 

Kisah Naomi dan Rut sungguh kisah yang menggetarkan hati. Naomi semula memiliki kehidupan yang baik dan mapan, memiliki seorang suami dan dua anak laki-laki. Kedua anak lelakinya inipun akhirnya menikah. Naomi memiliki dua menantu yang baik dan taat.

Tetapi, sungguh kemalangan tidak dapat terhindar, setelah suami Naomi meninggal dunia, seiring berjalannya waktu kedua anak lelaki Naomi juga meninggal dunia. Dengan demikian kedua menantunya telah menjadi janda, namun keduanya tetap setia mengikuti Naomi.

Sampai akhirnya Naomi nendesak kedua menantunya meninggalkan ia, tentu maksudnya adalah untuk kebaikan kedua menantunya itu. Naomi juga sangat mengasihi kedua menantunya ini. Perasaan ini juga dapat dirasakan kedua menantunya.

Rut, menantu kedua Naomi yang didesak meninggalkan dia, akhirnya dengan tegas mengungkapkan isi hatinya seperti yang tercatat di dalam ayat ini. Rut tidak akan meninggalkan mertuanya, ia rela mendampingi mertuanya kemanapun ia pergi. Kesetiaan Rut dan berbaktinya Rut kepada orang tua, akhirnya berbuahkan hasil, Rut akhirnya kembali berkeluarga atas nasehat mertuanya.

Saudaraku, kisah Naomi dan Rut adalah kisah teladan Mertua dan Menantu yang sungguh mengharukan. Perkataan Allahmu Allahku, adalah suatu penyataan kesatuan iman yang dijalanin bersama dengan penyembahan Allah yang sana. Akankah mungkin orang setia pada Allah sedemikian dibiarkan untuk selamanya?

Soli Deo Gloria💒