榮耀之食 Makanan Kemuliaan

上帝的恩典每日更新
2023年4月24日(一)
經文:士師記第十三章

瑪挪亞對耶和華的使者說、求你容我們款留你、好為你預備一隻山羊羔。耶和華的使者對瑪挪亞說、你雖然款留我、我卻不喫你的食物.你若預備燔祭就當獻與耶和華。原來瑪挪亞不知道他是耶和華的使者。

士師記 13:15-16 (CUVT) 

馬挪亞不知道祂是上帝的使者。已來到世上的基督基督也是一樣,世界不認識祂。真實的,隱藏自己的神。若沒有遮蓋我們無法看見上帝的榮光。因為神已經決定透過跟我們一樣的肉體對我們說話,透過先知與神僕人,所以當祂透過使者、或兒子說話時,祂們以人的樣式顯現,也被認為是上帝的僕人。

使者拒絕馬挪亞的邀請反而要他改為燔祭。馬挪亞對陌生人只是要表達尊重與感謝因為帶來了好消息,懇求祂與他共餐。但是使者告訴他將不會吃他的食物,如祂不要基甸的食物,如同對基甸,祂要馬挪亞獻祭給神。

我的弟兄姊妹們,使者不需要食物或飲水。但是榮耀神是他們的飲食,那也是基督的飲食(約4:34)。我們應當如同他們遵行神的旨意,雖然我們活著不能沒有飲食,但是我們是為了神的榮耀而飲食,因此我們把每日的飲食變成對上帝的獻祭。

榮耀歸與上帝💒

Rahmat TUHAN Baru Tiap Pagi
Senin, 24 April 2023
Nats: Hakim-hakim 13

Kata Manoah kepada Malaikat TUHAN itu: “Perkenankanlah kami menahan Engkau di sini, supaya kami mengolah anak kambing bagi-Mu.”  Tetapi jawab Malaikat TUHAN itu kepada Manoah: “Sekalipun engkau menahan Aku di sini, hidanganmu itu tidak akan Kumakan. Tetapi jika engkau hendak mengolahnya menjadi korban bakaran, persembahkanlah itu kepada TUHAN.” Sebab Manoah tidak mengetahui, bahwa Dia itu Malaikat TUHAN.

Hakim-hakim 13:15-16 (TB) 

Manoah tidak mengetahui, bahwa Dia itu Malaikat TUHAN. Demikian pula Kristus telah ada di dalam dunia, tetapi dunia tidak mengenal-Nya. Sungguh, Allah yang menyembunyikan diri. Kita tidak dapat tahan melihat kemuliaan ilahi tanpa selubung. Karena Allah telah memutuskan untuk berbicara kepada kita melalui manusia seperti kita, yaitu para nabi dan hamba Tuhan, maka bahkan ketika Ia berbicara melalui para malaikat-Nya, atau melalui Anak-Nya, mereka menampakkan diri dalam rupa manusia, dan hanya disangka sebagai abdi Allah saja.

Sang Malaikat menolak untuk menerima hidangan Manoah dan memintanya untuk mengubahnya menjadi korban persembahan. Manoah, hanya ingin menunjukkan rasa hormat dan terima kasih kepada orang asing yang telah membawa kepada mereka kabar sukacita, memohon agar Ia berkenan menyantap makanan bersamanya. Namun Sang Malaikat memberi tahu dia bahwa Ia tidak akan memakan hidangannya, sama seperti Ia tidak mau makan hidangan Gideon, tetapi, seperti kepada Gideon, Ia memerintahkan Manoah untuk mempersembahkannya kepada Allah.

Saudaraku, para malaikat tidak membutuhkan makanan ataupun minuman. Tetapi memuliakan Allah adalah makanan dan minuman mereka, dan itu menjadi makanan dan minuman Kristus juga (Yoh. 4:34). Kita juga seharusnya melakukan kehendak Allah seperti mereka, meskipun kita tidak dapat hidup tanpa makanan dan minuman, namun kita makan dan minum bagi kemuliaan Allah, dan dengan demikian kita mengubah makanan kita sehari-hari menjadi korban persembahan.

Soli Deo Gloria💒