無時不在屬靈事件 Alur Spiritual yang terjadi sepanjang masa

上帝的恩典每日更新
2023年4月19日(三)
經文:士師記第三章

以色列人行耶和華眼中看為惡的事、忘記耶和華他們的 神、去事奉諸巴力和亞舍拉。所以耶和華的怒氣向以色列人發作、就把他們交在米所波大米王古珊利薩田的手中.以色列人服事古珊利薩田八年。以色列人呼求耶和華的時候、耶和華就為他們興起一位拯救者救他們、就是迦勒兄弟、基納斯的兒子俄陀聶。耶和華的靈降在他身上、他就作了以色列的士師、出去爭戰.耶和華將米所波大米王古珊利薩田交在他手中、他便勝了古珊利薩田。於是國中太平四十年。基納斯的兒子俄陀聶死了。

士師記 3:7-11 (CUVT) 

若我們注意在聖經裡上帝子民生命所經歷的事,聖經裡常發生的屬靈事件。這屬靈事件就是:

  1. 當上帝子民犯罪離開神。
  2. 上帝以各種出現的問題發怒,如:被其他國治服,饑荒,瘟疫攻擊、等等。
  3. 在苦難中他們呼求上帝。
  4. 上帝聽見他們的呼求並憐憫他們,然而從苦難中釋放他們。
  5. 上帝以豐盛的恩典祝福他們。

我的弟兄姊妹們,這種屬靈原則到現在還是有效。所以我們對我們的屬靈生命常常敏銳,不要試著得罪上帝,不要惹上帝發怒,即使祂是慈愛,但不要戲弄祂的愛。若我們知道我們已經犯罪,趕緊向祂懇求認罪與悔改回到祂的面前。

上帝的應許:
詩篇103:8,10-11
耶和華有憐憫,有恩典,不輕易發怒,且有豐盛的慈愛。他沒有按我們的罪過待我們,也沒有照我們的罪孽報應我們。天離地何等的高,他的慈愛向敬畏他的人也是何等的大!

榮耀歸與上帝?

Rahmat TUHAN Baru Tiap Pagi
Rabu, 19 April 2023
Nats: Hakim-hakim 3

Orang Israel melakukan apa yang jahat di mata TUHAN, mereka melupakan TUHAN, Allah mereka, dan beribadah kepada para Baal dan para Asyera. Lalu bangkitlah murka TUHAN terhadap orang Israel, sehingga Ia menjual mereka kepada Kusyan-Risyataim, raja Aram-Mesopotamia dan orang Israel menjadi takluk kepada Kusyan-Risyataim delapan tahun lamanya.Lalu berserulah orang Israel kepada TUHAN, maka TUHAN membangkitkan seorang penyelamat bagi orang Israel, yakni Otniel, anak Kenas adik Kaleb. Roh TUHAN menghinggapi dia dan ia menghakimi orang Israel. Ia maju berperang, lalu TUHAN menyerahkan Kusyan-Risyataim, raja Aram, ke dalam tangannya, sehingga ia mengalahkan Kusyan-Risyataim. Lalu amanlah negeri itu empat puluh tahun lamanya. Kemudian matilah Otniel anak Kenas.

Hakim-hakim 3:7-11 (TB) 

Bila kita memperhatikan kisah-kisah yang terjadi dalam kehidupan umat TUHAN di dalam Alkitab, maka kisah alur spiritual yang terdapat dalam nats Alkitab inilah yang sering terjadi.

Alur spiritual yang dimaksud adalah:

  • 1. Kala umat TUHAN berdosa dan meninggalkan Allah.
  • 2. Murka Allah dinyatakan kepada mereka dengan berbagai masalah yang terjadi, misl. ditaklukkan bangsa lain, menderita kelaparan, diserang sakit penyakit dan lain sebagainya.
  • 3. Dalam penderitaan mereka berseru kepada TUHAN.
  • 4. TUHAN berbelas kasihan mendengar seruan mereka, dan melepaskan mereka dari segala penderitaan mereka.
  • 5. Allah memberkati mereka dengan kasihNya yang berlimpah.

Saudaraku, prinsip spiritual ini tetap berlaku sampai sekarang ini. Sebab itu, mari senantiasa peka atas hidup spiritual kita, janganlah sekali-kali melukai hati TUHAN, janganlah bangkitkan murka TUHAN, sekalipun DIA maha kasih, tetapi janganlah mempermainkan kasihNya. Bila kita tahu kita telah berdosa, cepatlah minta pengampunan dosa dan bertobatlah dengan kembali kepadaNya.

Janji Allah pada firmanNya:

Mazmur 103:8, 10-11  “TUHAN adalah penyayang dan pengasih, panjang sabar dan berlimpah kasih setia. Tidak dilakukan-Nya kepada kita setimpal dengan dosa kita, dan tidak dibalas-Nya kepada kita setimpal dengan kesalahan kita, tetapi setinggi langit di atas bumi, demikian besarnya kasih setia-Nya atas orang-orang yang takut akan Dia; “

Soli Deo Gloria?