突破傳統習俗 Menerobos Aturan Tradisi

上帝的恩典每日更新
2023年4月14日(五)
經文:約書亞記第十七章

瑪拿西的玄孫、瑪吉的曾孫、基列的孫子、希弗的兒子西羅非哈、沒有兒子、只有女兒、他的女兒名叫瑪拉、挪阿、曷拉、密迦、得撒、他們來到祭司以利亞撒和嫩的兒子約書亞並眾首領面前、說、耶和華曾吩咐摩西在我們弟兄中分給我們產業。於是約書亞照耶和華所吩咐的、在他們伯叔中、把產業分給他們。

約書亞記 17:3-4 (CUVT) 

當受到傳統習俗不公平待遇的時候您的感受如何?

西羅非哈,他的全部的女兒知道上帝的指令知道他們的遺產。按照習俗,作女兒的在遺產是沒有份的,但是在上帝的公義,上帝吩咐摩西把西羅非哈的產業分給他的女兒,即使他們是女兒。

以色列的習俗與其他國的習俗沒有差別,重男輕女。雖然存在著這樣的習俗,注意西羅非哈女兒的態度,他們沒有放棄“向命運低頭”。她們拿出勇氣向屬靈首領說話。

我的弟兄姊妹們,上帝對她們要求的回應表示她們的觀點突破了習俗的圍牆。他們不受環境和傳統習俗所造成的無價值感的束縛。結果呢?上帝回應她們。

您是否曾經感到損失因為家庭傳統習俗的理由嗎?把一切告訴上帝,懇求上帝來幫助你。

榮耀歸與上帝💒

Rahmat TUHAN Baru Tiap Pagi
Jumat, 14 April 2023
Nats: Yosua 17

Tetapi Zelafehad bin Hefer bin Gilead bin Makhir bin Manasye tidak mempunyai anak laki-laki, tetapi hanya anak perempuan. Inilah nama anak-anaknya itu: Mahla, Noa, Hogla, Milka dan Tirza. Mereka datang menghadap imam Eleazar, dan menghadap Yosua bin Nun, serta para pemimpin, dan berkata: “TUHAN telah memerintahkan kepada Musa untuk memberikan milik pusaka kepada kami di tengah-tengah saudara-saudara kami.” Sebab itu diberikannya kepada mereka, milik pusaka di tengah-tengah saudara-saudara ayah mereka, sesuai dengan titah TUHAN.

Yosua 17:3-4 (TB) 

Bagaimana perasaan Anda bila secara aturan tradisi Anda merasa diperlakukan tidak adil?

Zelafehad, yang kesemua anaknya perempuan mengetahui perintah Tuhan mengenai hak waris mereka. Berdasarkan tradisi, anak perempuan tidak mendapat bagian dari warisan, tetapi di dalam keadilan-Nya, Tuhan memerintahkan Musa untuk memberikan pusaka Zelafehad agar diwariskan kepada anak-anaknya, walaupun mereka perempuan.

Tradisi Israel tidak berbeda dengan tradisi bangsa lainnya, yang lebih memandang tinggi anak laki-laki daripada anak perempuan.  Sekalipun ada tradisi demikian, perhatikanlah sikap anak-anak perempuan Zelafehad, mereka tidak menjadi pasrah dan ‘terima nasib’. Mereka memberanikan diri untuk berbicara dengan pemimpin rohani waktu itu.

Saudaraku,  tanggapan Tuhan terhadap permintaan mereka memperlihatkan bahwa cara pandang mereka menembus tembok tradisi. Mereka tidak dikungkung oleh perasaan tidak layak yang dibangun oleh lingkungan dan tradisi. Hasilnya? Tuhan menjawab mereka.

Apakah Anda pernah merasa dirugikan dalam keluargamu oleh karena alasan tradisi? nyatakanlah segala hal kepada Tuhan, mohon Tuhan menolongmu.

Soli Deo Gloria💒