基督復活的見證 Saksi Kebangkitan Kristus

復活特別默想
2023年4月10 日(一)
經文:歌林多前書第十五章

我當日所領受又傳給你們的、第一、就是基督照聖經所說、為我們的罪死了.並且顯給磯法看.然後顯給十二使徒看.後來一時顯給五百多弟兄看、其中一大半到如今還在、卻也有已經睡了的.

哥林多前書 15:3, 5-6 (CUVT) 

歌林多信徒是已經信耶穌基督的人。但請注意,為何保羅宣傳給他們關於基督復活的見證人呢?

甚至有可能那時候的所發生幾件事情,第一:他們相信基督,但是不相信基督的復活。第二,他們相信耶穌基督復活,但是不相信身體復活,第三:他們相信耶穌基督,但是也受到那時候所傳開的教導。

一位聖經解譯家寫道:學習本章對希臘世界觀少了解的人是很有幫助。一般希臘人相信相信靈魂是永恆的,但他們不相信身體復活。對他們來說,身體複活是不可能的,因為他們認為身體是人類軟弱和罪惡的根源。因此,死亡是被高度期待,因為通過死亡,靈魂將從肉體中解脫出來;但復活是不可盼望,因為這表示靈魂將再與身體一起埋葬。這就是保羅在雅典所遇到的疑點(參見使徒行傳 17:31、32),也就是現代世界的基督徒在所面對的。

我的弟兄姊妹們,基督的復活是真是發生的事件,同樣的當我們離開這世界時的身體復活。我們將穿上新的形體,也就是榮光的形體,不是血肉的形體。因為血肉之體不能承受神國。

榮耀歸與上帝💒

Renungan Khusus P A S K A H
Senin, 10 April 2023
Nats: 1Korintus 15

Sebab yang sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yang telah kuterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita, sesuai dengan Kitab Suci, bahwa Ia telah menampakkan diri kepada Kefas dan kemudian kepada kedua belas murid-Nya.  Sesudah itu Ia menampakkan diri kepada lebih dari lima ratus saudara sekaligus; kebanyakan dari mereka masih hidup sampai sekarang, tetapi beberapa di antaranya telah meninggal.

1 Korintus 15:3, 5-6 (TB) 

Jemaat Korintus adalah jemaat yang sudah percaya pada Yesus Kristus. Tetapi perhatikanlah, mengapa Paulus perlu menjelaskan tentang para saksi kebangkitan Kristus kepada mereka?

Bukan tidak mungkin ada beberapa kondisi yang terjadi waktu itu, pertama: mereka percaya pada Kristus, namun tidak percaya pada kebangkitan Kristus. Kedua, mereka percaya pada Yesus Kristus yang bangkit, namun tidak percaya pada kebangkitan tubuh, Ketiga, mereka percaya pada Yesus Kristus, namun juga terpengaruh pada ajaran yang beredar waktu itu.

Salah seorang penafsir Alkitab menuliskan: Dalam mempelajari pasal ini sangat menolong apabila orang memiliki sedikit pengenalan tentang pandangan hidup Yunani. Pada umumnya orang-orang Yunani percaya pada keabadian jiwa, tetapi mereka tidak percaya pada kebangkitan tubuh. Bagi mereka kebangkitan tubuh tidak mungkin mengingat fakta bahwa mereka menganggap tubuh merupakan sumber kelemahan dan dosa manusia. Karena itu kematian sangat dinantikan, sebab melalui kematian jiwa akan dibebaskan dari tubuh; tetapi kebangkitan tidak diharapkan sebab itu berarti jiwa akan kembali turun ke kubur dengan tubuh. Inilah skeptisisme yang dijumpai Paulus di Atena (bdg. Kis. 17:31, 32), dan yang dihadapi oleh umat Kristen di dunia modern ini.

Saudaraku, kebangkitan Kristus adalah peristiwa yang benar-benar terjadi, demikian juga halnya kebangkitan tubuh saat kita telah meninggalkan dunia ini. Kita akan mengenakan tubuh yang baru, yakni tubuh kemuliaan, yang bukan terdiri dari daging dan darah. Karena daging dan darah tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.

Soli Deo Gloria💒