為甚麼上帝死? Mengapa Tuhan Mati ?

受難特別默想
2023年4月7日(五)
經文:彼得前書第三章

因基督也曾一次為罪受苦、〔受苦有古卷作受死〕就是義的代替不義的、為要引我們到 神面前.按著肉體說他被治死.按著靈性說他復活了。

彼得前書 3:18 (CUVT) 

耶穌豈不是上帝嗎?上帝為甚麼會死?為甚麼上帝沒有用其他的辦法來證明祂的愛呢?上帝的勞碌是否徒勞因為還有許多的人還沒信祂?

肯定還有許多的問題的出現關於耶穌基督的死。在這簡短的默想裡,我們將試著回答以上的其中問題。

當上帝創造亞當夏娃時,他們是按照神的形象而被造,他們擁有從神而來的榮耀與永恆,但是當他們陷入罪惡的時候,從那時候起罪惡的工價乃是死。他們已經虧欠了神的榮耀被趕出伊甸園,所以他們不再能吃生命樹的果子。

死亡是必定的事情,全部的罪人必須死。所以人最主要的問題就是罪。人靠著自己的力量不可能脫離罪惡,罪惡的存在因為忽略了神的存在。

所以何等慈愛的上帝,差了祂的獨生子耶穌基督來到世上。耶穌基督就是成為人的神。無限制的祂限制自己跟我們相同。祂是永恆的,虛己成為受限制的人,一切的目的就是為了祂可以死來代替我們罪惡的審判。

主耶穌沒有永遠的死,第三天祂復活。祂的復活證明了死亡在祂身上沒有權柄。耶穌基督是掌權人生與死的主。

我的弟兄姊妹們,基督的死致死了罪的權勢。相信死而復活的耶穌基督的人,向祂禱告吧懇求祂赦免你一切的過錯與罪惡,使你復興得到上帝從創世以來所預備的永恆。

榮耀歸與上帝💒

Renungan Khusus JUMAT AGUNG
Jumat, 7 Agustus 2023
Nats: 1 Petrus 3

Sebab juga Kristus telah mati sekali untuk segala dosa kita, Ia yang benar untuk orang-orang yang tidak benar, supaya Ia membawa kita kepada Allah; Ia, yang telah dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai manusia, tetapi yang telah dibangkitkan menurut Roh,

1 Petrus 3:18 (TB) 

Bukankah Yesus Kristus itu Tuhan, mengapa Tuhan bisa mati? Mengapa Tuhan tidak memakai cara lain saja untuk membuktikan kasihNya? Apakah usaha Tuhan ini tidak sia-sia, karena masih begitu banyaknya manusia yang tidak percaya kepadaNya?

Tentu masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang bisa muncul sehubungan dengan kematian Yesus Kristus. Dalam renungan singkat ini, kita akan berusaha menjawab salah satu pertanyaan di atas.

Saat Adam dan Hawa diciptakan Allah, mereka diciptakan dalam gambar dan rupa Allah, mereka memiliki kemuliaan dan kekekalan yang daripada Allah, namun ketika mereka jatuh ke dalam dosa, disaat itulah upah dosa adalah maut telah dimulai. Mereka telah kehilangan kemuliaan Allah dan diusir taman Eden, sehingga tidak bisa lagi memakan buah dari pohon kehidupan.

Kematian adalah sesuatu yang bersifat pasti, semua manusia yang berdosa pasti akan mati. Sebab itulah, masalah utama manusia adalah dosa. Manusia dengan kekuatan sendiri tidak mungkin melepaskan diri daripada dosa, karena dosa hadir oleh karena mengabaikan Allah.

Sebab itulah Tuhan Allah yang maha pengasih, mengutus AnakNya Yesus Kristus datang ke dunia. Yesus Kristus adalah Allah yang menjelma menjadi manusia, Dia yang tak terbatas telah membatasi diriNya sama seperti kita. Dia yang kekal, telah mengosongkan diriNya menjadi pribadi yang terbatas, semuanya bertujuan agar Ia bisa mati untuk menggantikan hukuman dosa kita.

Tuhan Yesus tidak mati untuk selamanya, pada hari ketiga Dia bangkit. KebangkitanNya membuktikan alam mautpun tidak berkuasa atasNya. Yesus Kristus adalah Tuhan yang berkuasa atas kematian dan kehidupan manusia.

Saudaraku, kematian Kristus mematikan kuasa dosa. Barangsiapa percaya kepada Yesus Kristus yang mati dan bangkit, berdoalah kepadaNya untuk menghapus segala dosa dan kesalahanmu, agar Anda dipulihkan untuk beroleh kekekalan yang Tuhan sediakan sejak manusia diciptakan.

Soli Deo Gloria💒