不合理性 Tidak Masuk Akal

✝️受難周特別默想✝️
2023年4月6日(四)
經文:歌林多前書第一章

猶太人是要神蹟、希利尼人是求智慧.我們卻是傳釘十字架的基督、在猶太人為絆腳石、在外邦人為愚拙、

哥林多前書 1:22-23 (CUVT) 

若我們要宣傳一種產品,我們必定宣傳產品的優點。有人買產品注重品質,有人因為產品價格便宜才購買,等等。

與基督教不同,當保羅宣傳基督教的時候,他強調的是基督十字架,保羅教導的中心是受難。

保羅知道他所宣教的,的確對猶太人看重的是奇蹟,如此這對那些很難信主的人將成為絆腳石。對希臘人看重的是智慧與理性,的確這樣的“宣傳”是一種愚昧。

弟兄姊妹,若今天我們可以接受並相信被釘十字架的上帝,我們可以相信教導受難的信仰,這是一定眾人很難接受的。

按照常理來說,一般眾人想要的是教導富裕、健康與幸福的信仰。但是基督教教導必須背起十字架,信徒們必須面對的受難甚至必須以善報惡。的確這些將被認為是愚昧,但是您是否仍然要相信這樣的信仰嗎?

只因上帝的愛與全能使我們仍然能相信上帝。

榮耀歸與上帝💒

Renungan Khusus ✝️JUMAT AGUNG
Kamis, 6 April 2023
Nats: 1Korintus 1

Orang-orang Yahudi menghendaki tanda dan orang-orang Yunani mencari hikmat, tetapi kami memberitakan Kristus yang disalibkan: untuk orang-orang Yahudi suatu batu sandungan dan untuk orang-orang bukan Yahudi suatu kebodohan,

1 Korintus 1:22-23 (TB) 

Bila kita hendak mempromosikan sebuah produk, tentu kita akan mempromosikan apa yang menjadi kelebihan produk kita. Ada orang yang membeli sesuatu mengutamakan kualitas, ada yang membeli sesuatu oleh karena produk itu murah, dan lain sebagainya.

Berbeda dengan kekristenan, ketika Rasul Paulus memperkenalkan kekristenan, ia menekankan salib Kristus, inti pengajaran Paulus adalah penderitaan.

Paulus tahu apa yang dia beritakan, tentu bagi orang Yahudi yang mengutamakan tanda mujizat, ini sebuah batu sandungan yang membuat mereka sulit percaya. Bagi orang Yunani yang cenderung mempergunakan hikmat dan logika, tentu “promosi” demikian adalah sebuah kebodohan.

Saudaraku, bila hari ini kita bisa menerima dan beriman kepada Tuhan yang tersalib, kita bisa percaya pada agama yang mengajarkan tentang penderitaan, ini tentu sesuatu yang sulit untuk diterima akal manusia.

Secara logika, manusia umumnya menghendaki kepercayaan yang mengajarkan kemakmuran, kesehatan dan kebahagiaan. Namun, kekristenan mengajarkan tentang salib yang hendak dipikul, penderitaan yang harus dihadapi sebagai umat percaya dan bahkan harus membalas kejahatan dengan kebaikan. Tentu ini semua akan dianggap sebagai kebodohan, namun apakah Anda tetap mau menganut kepercayaan demikian?

Hanya kasih dan kuasa Tuhan saja yang membuat kita tetap bisa percaya dan beriman.

Soli Deo Gloria💒