為了我們而犧牲 Pengorbanan demi kita

受難周特別默想
2023年4月4 日(二)
經文:約翰福音第十九章

於是耶穌出來,戴著荊棘的冠冕,披著紫色的外袍。彼拉多對他們說:“看,這個人!” 祭司長和差役看見耶穌,就喊叫說:“把他釘十字架!把他釘十字架!”彼拉多對他們說:“你們自己把他帶去釘十字架吧!我查不出他有甚麼罪。”

約翰福音 19:5-6 (CNVT) 

您是否曾經不是因你的錯而受罰?您是否曾經受毀謗?您在面對這樣的事情有甚麼感受?

當主耶穌在彼拉多面前。他們故意給祂戴上荊棘冠冕與紫色外袍目的就是要給眾人看見耶穌已經以羞辱受罰,祂是受辱的猶太人之王。

彼拉多這樣做盼望已經如此這樣“受罰”的主耶穌可以得釋放,因為彼拉多在主耶穌身上實在沒有找到任何理由可以給主耶穌定死刑的懲罰。但是彼拉多的無濟於事到最後主耶穌還是以釘十字架受刑罰。

主耶穌因愛我們承受了殘忍的刑罰。祂願意受辱罵與肉體受折磨釘在十字架,一切都是為了要承擔我們罪惡的刑罰

我的弟兄姊妹,罪的工價乃是死。主耶穌已經代替了我們受刑罰死在十字架上,祂願意承擔這一切因為祂知道我們不可能靠自己的力量得贖罪。祂來到這世上是為了我們而流出寶血贖回我們的罪惡。因為在希伯來書9:22 按著律法,凡物差不多都是用血潔淨的;若不流血,罪就不得赦免了。

向祂懇求罪惡的饒恕來珍惜基督的犧牲,以遵守祂的誡命來愛祂,把您的生命交給祂。

榮耀歸與上帝?

Renungan Khusus Minggu Jumat Agung
Selasa, 4 April 2023
Nats: Yohanes 19

Lalu Yesus keluar, bermahkota duri dan berjubah ungu. Maka kata Pilatus kepada mereka: “Lihatlah Manusia itu!” Ketika imam-imam kepala dan penjaga-penjaga itu melihat Dia, berteriaklah mereka: “Salibkan Dia, salibkan Dia!” Kata Pilatus kepada mereka: “Ambil Dia dan salibkan Dia; sebab aku tidak mendapati kesalahan apa pun pada-Nya.”

Yohanes 19:5-6 (TB) 

Apakah Anda pernah dihukum bukan oleh karena kesalahan Anda? Apakah Anda pernah di fitnah? Bagaimana perasaan Anda memghadapi kondisi demikian?

Tuhan Yesus saat dihadapan Pilatus. Mereka sengaja memahkotakan duri dan mengenakan jubah ungu kepada Tuhan Yesus dengan maksud menunjukkan kepada orang banyak bahwa Tuhan Yesus sudah dihukum dengan penghinaan, Dia seorang raja Yahudi telah dipermalukan.

Pilatus melakukan demikian dengan harapan Tuhan Yesus yang sudah “dihukum” itu sudah bisa dibebaskan, karena Pilatus tidak menemukan kesalahan apapun pada diri Tuhan Yesus yang sesuai dengan hukuman mati. Tetapi ternyata usaha Pilatus sia-sia akhirnya Tuhan Yesus dihukum lagi dengan cara disalibkan.

Tuhan Yesus menerima hukuman yang begitu sadis dan kejam itu oleh karena kasihNya bagi kita. Dia rela menanggung hinaan dipermalukan dan penderitaan fisik disiksa dan disalibkan, semuanya guna menanggung hukuman dosa kita.

Saudaraku, upah dosa adalah maut. Tuhan Yesus telah menggantikan hukuman kita dengan mati di atas kayu salib, Dia rela melakukan ini semua karena Dia tahu kita tidak mungkin dengan kekuatan sendiri menyucikan dosa. Dia datang ke dunia menumpahkan darahNya bagi kita untuk pengampunan dosa kita. Karena ada tertulis dalam Ibrani 9:22 (TB) ” Dan hampir segala sesuatu disucikan menurut hukum Taurat dengan darah, dan tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan. “

Hargailah pengorbanan Kristus dengan memohon pengampunan dosa daripadaNya, kasihilah Dia dengan menaati segala perintahNya, serta serahkanlah hidupmu kepadaNya.

Soli Deo Gloria?