為了和睦 Demi Keharmonisan

上帝的恩典每日更新
2023年3月19日(日)
經文:民數記第三十六章

論到西羅非哈的眾女兒、耶和華這樣吩咐說.他們可以隨意嫁人、只是要嫁同宗支派的人。這樣、以色列人的產業就不從這支派歸到那支派.因為以色列人要各守各祖宗支派的產業。

民數記 36:6-7 (CUVT) 

西羅非哈的女兒不一定要與特定的男人結婚。在他們父親親屬內有許多的選擇:他們可以與任何喜歡他們的人結婚。讓他們與任何他們認為對他們最好的人結婚。如同作孩子的要尊重父母的權力,不與父母不同意的人結婚,作父母在管教孩子的時候也要顧慮孩子的感受,不強迫他們與他們不愛的人結婚。被強迫的婚姻很難帶來和睦。

即使是這樣,他們的選擇受限於自己的種族,讓他們的為業遺產不流到其他種族手裡。上帝要他們知道按照拈鬮(抽籤)的方式分地,這結果是來自於上帝。他們不能改變,因此無法改變上帝的旨意。他們的遺產不能從一個支派遷到另支派,好叫他們之間不發生急促,遺產導致混亂,他們的後代一團糟。上帝不要支派的受苦與貧窮使另一個支派得富有,因為全部的支派是亞伯拉罕的後裔。

一切上帝對子民嚴厲的律法規定,的確有上帝的旨意也是為了上帝子民和睦相處

榮耀歸與上帝💒

Rahmat TUHAN Baru Tiap Pagi
Minggu, 19 Maret 2023
Nats: Bilangan 36

Beginilah firman TUHAN selanjutnya berkenaan dengan putri-putri Zelafehad: Biarlah mereka menikah dengan siapa saja yang mereka sukai asal masih tetap di dalam suku mereka sendiri. Dengan demikian tanah mereka tidak akan ada yang jatuh ke tangan suku lain, karena menurut ketentuannya tanah pusaka setiap suku harus tetap menjadi milik sukunya.

Bilangan 36:6-7 (FAYH) 

Anak-anak perempuan Zelafehad tidak harus menikah dengan laki-laki tertentu. Ada cukup banyak pilihan dalam kaum ayah mereka: Mereka boleh kawin dengan siapa saja yang suka kepada mereka, Biarlah mereka menikah dengan siapa saja yang menurut mereka terbaik bagi mereka. Seperti halnya anak-anak harus menghormati wewenang orangtua mereka, dan tidak menikah dengan orang yang tidak dikehendaki orangtua mereka, demikian pula orangtua harus memperhitungkan perasaan anak-anak mereka dalam mengatur mereka, dan tidak memaksa mereka untuk menikah dengan orang yang tidak mereka cintai. Kawin paksa sulit nendatangkan keharmonisan.

Namun demikian, pilihan mereka dibatasi pada kaum kerabat mereka sendiri, supaya milik pusaka mereka tidak jatuh ke tangan kaum lain. Allah ingin mereka mengetahui bahwa karena tanah itu harus dibagi menurut undi, maka hasilnya berasal dari Tuhan. Mereka tidak dapat mengubah, dan karena itu tidak boleh mengganti, ketetapan-Nya itu. Milik pusaka mereka tidak boleh beralih dari suku ke suku, supaya jangan ada kebingungan di antara mereka, sehingga harta milik mereka menjadi kacau, dan silsilah mereka menjadi berantakan. Allah tidak mau satu suku diperkaya dengan menyusahkan dan memiskinkan suku yang lain, karena mereka semua sama-sama keturunan Abraham, sahabat-Nya.

Segala peraturan ketat yang dinyatakan Allah bagi umatNya, tentu memiliki maksud daripada Allah demi keharmonisan hidup umat TUHAN.

Soli Deo Gloria💒