祝福與蒙福 Memberkati dan Diberkati

上帝的恩典每日更新
2023年3月13日(一)
經文:民數記第二十四章

巴蘭對巴勒說、我豈不是對你所差遣到我那裡的使者說、巴勒就是將他滿屋的金銀給我、我也不得越過耶和華的命、憑自己的心意行好、行歹、耶和華說甚麼。我就要說甚麼。

民數記 24:12-13 (CUVT) 

巴勒,摩押王好幾次請巴蘭詛咒以色列人,但是巴蘭好幾次在各地方祝福以色列人反而詛咒摩押王,因為巴蘭不可拒絕上帝所顯現給他的。

巴蘭所說的應許很美妙。他說了關於上帝對以色列人豐盛的祝福並統治了其他國家。榮耀的恩典很清楚的打擊了想詛咒以色列的巴勒國。不只是那些,在第一次的時候巴蘭不成功詛咒以色列。第二次時,他祝福以色列。然後第三次,巴蘭反而詛咒摩甲以及以色列的鄰國。

我的弟兄姊妹們,我們的人際關係常常發生我們不想要的事情。家庭中的爭執,因遺產問題親兄妹發生爭執,與生意合夥人分裂,等等。雖然這一切可以發生,成為上帝的子民我們應當不可詛咒別人,因為我們的詛咒可能成為別人的祝福,更糟的事詛咒可以臨到自己的身上。

不以惡報惡,以辱罵還辱罵,倒要祝福;因你們是為此蒙召,好叫你們承受福氣。

彼得前書3:9

榮耀歸與上帝💒

Rahmat TUHAN Baru Tiap Pagi
Senin, 13 Maret 2023
Nats: Bilangan 24

Jawab Bileam, “Bukankah sudah saya katakan kepada utusan-utusan Tuanku bahwa sekalipun Tuanku memberi saya semua perak dan emas yang ada di istana Tuanku, saya tidak dapat melanggar perintah TUHAN dan melakukan sesuatu sesuka hati saya? Saya hanya dapat mengatakan apa yang TUHAN suruh saya katakan.”

Bilangan 24:12-13 (BIMK) 

Balak, raja Moab yang beberapa kali mendesak nabi Bileam untuk mengutuki bangsa Israel, namun sebaliknya Bileam berulang kali dan diberbagai tempat memberkati Israel dan malah mengutuki Moab, karena Bileam tidak bisa menolak apa yang TUHAN nyatakan kepadanya.

Nubuat yang diucapkan oleh Bileam begitu indah. Ia berbicara tentang kelimpahan berkat Allah atas Israel serta dominasi atas bangsa-bangsa lain. Berkat mulia itu jelas merupakan pukulan telak bagi Balak, yang ingin mengutuki Israel. Bukan cuma itu. Dalam peristiwa pertama, Bileam gagal mengutuk Israel. Pada peristiwa kedua, ia mengucapkan berkat atas Israel. Lalu pada peristiwa ketiga, Bileam malah melontarkan kutuk atas Moab dan negara-negara tetangga Israel lainnya.

Saudaraku, dalam relasi dengan sesama, seringkali hal yang tidak kita inginkan bisa saja terjadi. Pertengkaran dalam rumah tangga, perselisihan saudara kandung oleh karena harta warisan, pecah kongsi sesama rekan bisnis, dan lain sebagainya. Sekalipun semua ini bisa terjadi, sebagai umat Tuhan janganlah kita mengutuk, karena kutukan yang kita harapkan justru bisa menjadi berkat bagi orang lain, celakanya lagi kutukan itu akan menimpa diri sendiri.

Jangan membalas kejahatan dengan kejahatan. Jangan membalas memaki orang yang mencerca Saudara. Sebaliknya, berdoalah meminta pertolongan Allah bagi mereka, sebab kita harus bersikap baik terhadap orang lain dan Allah akan memberkati kita karenanya.

1 Petrus 3:9 (FAYH) 

Soli Deo Gloria💒