如此的謙卑 Kerendahan Hati yang Luar Biasa

上帝的恩典每日更新
2023年3月8日(三)
經文:民數記第十四章

當下全會眾大聲喧嚷、那夜百姓都哭號。以色列眾人向摩西亞倫發怨言、全會眾對他們說、巴不得我們早死在埃及地、或是死在這曠野。眾人彼此說、我們不如立一個首領、回埃及去罷。摩西亞倫就俯伏在以色列全會眾面前。

民數記 14:1-2, 4-5 (CUVT) 

摩西如此奇妙的謙卑。帶領以色列人離開埃及之後,以色列人重複的抱怨說他們的生活不如在埃及。反而他們在埃及時受逼迫當奴綠。

當他們要進入應許之地時,是上帝為他們所預備之地。摩西差派了十二位的窺探,結果十位的窺探報惡信給以色列人使以色列人感到懼怕,然而想決定回埃及。

那個時候摩西與亞倫不只所措如何面對固執與不相信上帝全能的以色列人,他們兩位俯伏在以色列人面前懇求以色列人不要再違背上帝的旨意。

我的弟兄姊妹,一位領導人俯伏在他所領導的子民面前,這需要有很大謙卑的心。摩西不考慮到他領導的地位,他所想到的都為了他所帶領的子民得益處。

上帝子民的屬靈生命,很需要謙卑的心,謙卑的心不是為了自己的利益,而是從上帝的怒氣拯救眾人。

摩西謙卑的心提醒我們主耶穌為門徒所做的洗腳。甚至為了你跟我得救願意死在十字架上。

榮耀歸與上帝。💒

Rahmat TUHAN Baru Tiap Pagi
Rabu, 8 Maret 2023
Nats: Bilangan 14

Sepanjang malam umat Israel berteriak-teriak dan menangis-nangis. Mereka mengomel kepada Musa dan Harun dan berkata, “Lebih baik kita mati di Mesir atau di padang gurun ini! Biar kita mati saja! Lalu mereka berkata satu sama lain, “Baiklah kita memilih seorang pemimpin dan kembali ke Mesir!” Lalu Musa dan Harun sujud di depan seluruh rakyat.

Bilangan 14:1-2, 4-5 (BIMK) 

Sungguh kerendahan hati Musa yang luar biasa. Setelah memimpin bangsa Israel keluar dari tanah Mesir, berulang kali bangsa Israel mengeluh dan selalu mengatakan kehidupan mereka yang lebih baik di Mesir. Padahal justru ketika mereka di Mesir itulah mereka ditindas dan diperbudak.

Ketika mereka hendak memasuki tanah perjanjian, tanah yang hendak TUHAN persiapkan bagi mereka. Musa mengutus 12 pengintai, hasilnya mayoritas diantara para pengintai yakni 10 pengintai menyampaikan hal yang buruk kepada bangsa Israel, sehingga membuat bangsa Israel menjadi takut dan gentar, dan memutuskan hendak kembali ke tanah Mesir.

Di saat itulah Musa dan Harun, tidak tahu lagi bagaimana menghadapi bangsa Israel yang keras kepala dan tidak percaya kuasa TUHAN, mereka berdua bersujud di hadapan Israel, memohon janganlah lagi bangsa Israel melawan kehendak TUHAN.

Saudaraku, seorang pemimpin yang bersujud di hadapan rakyat yang dipimpinnya, hal ini butuh kerendahan hati yang luar biasa. Musa tidak memikirkan posisinya sebagai pemimpin, yang dia pikirkan adalah kebaikan dari umat yang dipercayakan kepadanya.

Dalam kehidupan rohani umat TUHAN, kerendahan hati sangatlah dibutuhkan, kerendahan hati dilakukan bukan untuk kepentingan diri sendiri, tetapi kerendahan hati untuk menyelamatkan sesama dari murka Allah.

Kerendahan hati Musa mengingatkan kita apa yang dilakukan Tuhan Yesus dengan mencuci kaki murid-muridNya.  Dan bahkan rela hina sampai mati di atas kayu salib demi keselamatan Anda dan saya.

Soli Deo Gloria💒