關於不潔淨的食物 Hal Makanan Haram

上帝的恩典每日更新
2023年2月21日(二)
經文:利未記第十一章

豬、因為蹄分兩瓣、卻不倒嚼、就與你們不潔淨。這些獸的肉、你們不可喫、死的你們不可摸、都與你們不潔淨。凡在海裡、河裡、並一切水裡游動的活物、無翅無鱗的、你們都當以為可憎.地上爬物、與你們不潔淨的、乃是這些.鼬鼠、鼫鼠、蜥蜴、與其類.

利未記 11:7-8, 10, 29 (CUVT) 

當神顯現給以色列人關於敬拜的律法,現在我們看到顯現給摩西關於可以吃得食物與不潔淨的食物。

這問題的確的出現,為甚麼上帝已經命令關於不潔淨的食物,但是現在的基督徒還是吃那些不潔淨的食物呢?

我們必須了解當時神給以色列的律法已經在耶穌基督成全了。一切記載在律法的已經被耶穌基督所完成了,所以當在十字架的時候,耶穌呼喊:“成了”意思就是“已經完成了”。除了十誡以外,所有關於敬拜神的律法透過耶穌基督已經完成了。

主耶穌解釋關於食物在馬太福音15:11“入口的不能污穢人,出口的乃能污穢人。”

當聽眾不了解這句話,主耶穌解釋:馬可福音7:18-19:“耶穌對他們說:你們也是這樣不明白嗎?豈不曉得凡從外面進入的,不能污穢人,因為不是入他的心,乃是入他的肚腹,又落到茅廁裡。這是說,各樣的食物都是潔淨的;

這兩段的經文記載在福音書中,馬太與馬可所寫的。

一部分的基督徒,主耶穌強調的是從口而出的,如馬太福音15:18-19:惟獨出口的,是從心裡發出來的,這才污穢人。因為從心裡發出來的,有惡念、兇殺、姦淫、苟合、偷盜、妄證、謗讟。

榮耀歸與上帝💒

Rahmat TUHAN Baru Tiap Pagi
Selasa, 21 Feb. 2023
Nats: Imamat 11

Jangan makan babi. Binatang itu haram, karena walaupun kukunya terbelah, ia tidak memamah biak. Dagingnya tak boleh dimakan dan bangkainya pun tak boleh disentuh karena binatang itu haram.

Imamat 11:7-8, 10, 29 (BIMK) 

Binatang yang hidup di dalam air tetapi tidak bersirip dan tidak bersisik adalah haram, jadi tak boleh dimakan, dan bangkainya tak boleh disentuh. Tikus tanah, tikus besar, tikus kecil, kadal, segala jenis katak, landak, biawak, bengkarung, siput dan bunglon adalah haram.

Setelah Allah menyatakan peraturan dalam hal beribadah bagi umat Israel, kini saatnya kita melihat peraturan yang disampaikan kepada Musa akan makanan yang boleh dimakan dan makanan yang haram.

Tentu pertanyaan yang muncul adalah mengapa Tuhan yang telah memerintahkan hukum tentang makanan haram, tetapi orang Kristen sekarang ini tetap saja memakan makanan yang haram itu?

Kita harus memahami semua peraturan Allah kepada umat Israel waktu itu, telah digenapi dalam diri Yesus Kristus. Sebab itulah, segala sesuatu yang tercatat dalam kitab Taurat telah digenapi oleh Yesus Kristus, sehingga disaat kayu salib, Ia berseru: “Tetelestai” yang artinya “Sudah selesai”. Selain kesepuluh hukum Taurat, semua peraturan dalam hal beribadah telah digenapi melalui diri Yesus Kristus.

Tuhan Yesus mengatakan hal makanan dalam Matius 15:11 (TB)  “Dengar dan camkanlah: bukan yang masuk ke dalam mulut yang menajiskan orang, melainkan yang keluar dari mulut, itulah yang menajiskan orang.”

Ketika para pendengar tidak mengerti maksud perkataan ini, Tuhan Yesus memberikan penjelasan:

Markus 7:18-19 (TB)  Maka jawab-Nya: “Apakah kamu juga tidak dapat memahaminya? Tidak tahukah kamu bahwa segala sesuatu dari luar yang masuk ke dalam seseorang tidak dapat menajiskannya,

karena bukan masuk ke dalam hati tetapi ke dalam perutnya, lalu dibuang di jamban?” Dengan demikian Ia menyatakan semua makanan halal.

Kedua bagian ayat Alkitab ini tertulis dalam kitab Injil, yang ditulis oleh Matius dan Markus.

Sebagai umat Kristiani, Tuhan Yesus menegaskan yang keluar dari mulut, seperti tertulis dalam Matius 15:18-19 (TB)  Tetapi apa yang keluar dari mulut berasal dari hati dan itulah yang menajiskan orang. Karena dari hati timbul segala pikiran jahat, pembunuhan, perzinahan, percabulan, pencurian, sumpah palsu dan hujat.

Soli Deo Gloria💒