贖罪祭 Kurban Penghapusan Dosa

上帝的恩典每日更新
2023年2月18日(六)
經文:利未記第五章

他的力量若不夠獻一隻羊羔、就要因所犯的罪、把兩隻斑鳩、或是兩隻雛鴿、帶到耶和華面前為贖愆祭.一隻作贖罪祭、一隻作燔祭。

利未記 5:7 (CUVT) 

當在建立會幕上帝給予各種規律之後,在敬拜的各種裝備與敬拜中的秩序。現在我們可以看到上帝給予祭司與子民關於贖罪祭。

贖罪祭不只祭司與子民所做,而對有能力或沒有能力的子民。這對上帝的子民沒有理由不做贖罪祭

弟兄姊妹們,在福音書我們可以看到主耶穌的家人,約瑟與瑪利亞按照摩西的律法到聖殿來獻祭。就是獻一對斑鳩與雛鴿。這件事證明給我們主耶穌出生在貧窮的家庭。聖經記載的是對說:歌 林 多 後 書 8:9 你們知道我們主耶穌基督的恩典:他本來富足,卻為你們成了貧窮,叫你們因他的貧窮,可以成為富足。

主耶穌已經做了祂的部分來到世上成為我們的贖罪祭,因此無論我們的身分地位如何,貧窮也好,富足也好,我們都是罪人需要來自上帝而來的赦免。

榮耀歸與上帝?

Rahmat TUHAN Baru Tiap Pagi
Sabtu, 18 Feb. 2023
Nats: Imamat 5

Tetapi jikalau ia tidak mampu untuk menyediakan kambing atau domba, maka sebagai tebusan salah karena dosa yang telah diperbuatnya itu, haruslah ia mempersembahkan kepada TUHAN dua ekor burung tekukur atau dua ekor anak burung merpati, yang seekor menjadi korban penghapus dosa dan yang seekor lagi menjadi korban bakaran.

Imamat 5:7 (TB) 

Setelah Tuhan menyatakan berbagai peraturan dalam pembangunan kemah pertemuan, peraturan-peraturan dalam perlengkapan ibadah, cara beribadah. Saatnya kita melihat bagaimana Tuhan memberikan peraturan bagi para Imam dan umat dalam hal kurban penghapus dosa.

Kurban ini bukan saja dilakukan oleh para Imam dan umat, tetapi juga bagi orang yang mampu dan yang tidak mampu. Dalam hal ini tidak ada alasan bagi umat Tuhan untuk tidak melakukan persembahan kurban penghapus dosa.

Saudaraku, dalam Injil kita melihat keluarga Tuhan Yesus, yakni Yusuf dan Maria datang ke bait Allah mengadakan persembahan kurban sesuai hukum Musa dengan mempersembahkan burung tekukur dan merpati. Maka dari hal ini membuktikan kepada kita Tuhan Yesus dilahirkan dari keluarga yang tidak mampu. Jadi benarlah apa yang dikatakan Alkitab:

2 Korintus 8:9 (TB)  Karena kamu telah mengenal kasih karunia Tuhan kita Yesus Kristus, bahwa Ia, yang oleh karena kamu menjadi miskin, sekalipun Ia kaya, supaya kamu menjadi kaya oleh karena kemiskinan-Nya.

Tuhan Yesus telah melakukan bagianNya datang ke dunia sebagai Kurban penghapus dosa bagi kita, karena itu status kita yang bagaimanapun, baik kita orang yang mampu maupun tidak, kita adalah orang berdosa yang membutuhkan pengampunan dosa daripada Tuhan.

Soli Deo Gloria?