彼此相愛與不要論斷人 Mengasihi & Jangan Menghakimi

上帝的恩典每日更新
2023年2月5日(日)
經文:雅各書第四章

設立律法和判斷人的、只有一位、就是那能救人也能滅人的.你是誰、竟敢論斷別人呢。

雅各書 4:12 (CUVT) 

雅各提醒他的讀者不要論斷別人。論斷的意思是像法官一樣判斷一個人是對還是錯。雅各強調,有權力審判和懲罰人的是唯一的上帝;人沒有權力去做上帝的權力。所以人論斷別人,他就是將自己放在上帝的律法之上,並將自己視為上帝。

神是掌權生命。雅各說“上帝能救人也能滅人”是什麼意思?誹謗就是謀殺。而人的生命只掌握在神的手中。

誹謗是罪惡,因為誹謗就是我們忘記了我們的地位,我們必須成為律法的執行者。

信主社群是一個認識神和彼此建造的地方,在過程中經難免會發生摩擦和爭執。雅各提醒信徒不可論斷人。

耶穌基督說:不要論斷人,免得你們被論斷(太7:1)。最主要律法的重點就是人要彼此相愛

榮耀歸與上帝

Rahmat TUHAN Baru Tiap Pagi
Minggu, 5 Feb. 2023
Nats: Yakobus 4

Hanya ada satu Pembuat hukum dan Hakim, yaitu Dia yang berkuasa menyelamatkan dan membinasakan. Tetapi siapakah engkau, sehingga engkau mau menghakimi sesamamu manusia?

Yakobus 4:12 (TB) 

Yakobus mengingatkan pembacanya supaya mereka tidak menghakimi sesama manusia. Istilah menghakimi berarti menjadi seperti seorang hakim dalam menilai seseorang sebagai orang benar dan salah; Yakobus menegaskan yang berhak untuk menilai dan menghukum seseorang adakah Tuhan; manusia tidak berhak melakukan apa yang menjadi kewenangan Tuhan. Itulah sebabnya jika seseorang menghakimi orang lain, ia menempatkan dirinya diatas hukum Tuhan dan menempatkan dirinya sebagai Tuhan.

Allah adalah hak atas kehidupan ini. Yakobus mengatakan “Tuhanlah yang berkuasa menyelamatkan dan membinasakan” apa maksudnya? Fitnahan adalah pembunuhan. Padahal nyawa manusia hanya ada di tangan Allah.

Memfitnah adalah kejahatan yang keji, karena dengan memfitnah itu berarti kita lupa akan tempat kita, bahwa kita harus menjadi pelaku hukum.

Komunitas orang percaya adalah wadah untuk mengenal Allah dan saling membangun satu sama lain, meskipun dalam proses interaksinya kerap kali terjadi goresan dan perpecahan. Yakobus mengingatkan jemaat supaya jangan menghakimi.

Yesus Kristus mengatakan,  jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi (Mat. 7:1). Intisari dari hukum yang terutama adalah bahwa manusia harus mengasihi satu sama lain.

Soli Deo Gloria💒