何等可畏 Sungguh Dasyat

上帝的恩典每日更新
2023年2月3日(五)
經文:出埃及記第十五章

耶和華是我的力量、我的詩歌、也成了我的拯救.這是我的 神、我要讚美他、是我父親的 神、我要尊崇他。耶和華是戰士、他的名是耶和華。

出埃及記 15:2-3 (CUVT) 

最後的災殃臨在埃及之後,逼法老王允許以色列人離開埃及。然而,以色列人離開埃及後,法老王又改變主意,率領全軍追趕以色列人,意圖將以色列人帶回埃及成為奴隸。

以色列人看見所發生的事,前面是大海,後面是法老王的軍隊追擊,感到逼迫之下,非常害怕,向摩西訴苦。就是在這時候全能的神作工,藉著摩西的杖,將海一分為二,以色列人在海中走乾地。當以色列人從海中走出來之後,法老王的軍隊用他的戰車追趕。靠著耶和華大能的手與他們作戰,使戰車的輪子在海中出了問題,現在輪到埃及軍隊感到害怕了,知道與他們爭戰的對手是以色列的神,然後大水又淹沒了海,淹沒了法老王和他的軍隊。

透過紅海事件上帝彰顯祂可畏的大能。可敬可畏榮耀的讚美在此出埃及記第 15 章中表達出來。讚美由敬畏與感恩的心發出。敬畏與感恩,因為上帝的大能拯救了祂的子民,並且確保實現祂的應許,將以色列人帶到應許之地。

兄弟姊妹,無論在怎麼艱難受逼迫的情況下,進退兩難,仍然記住有一位全能的上帝與我們同在。在祂裡面沒有難成的事,祂能將大海分開,更何況我們的問題,再大的事對祂來說都是小事,所以把我們要把一切的困難都交給祂,感謝上帝從來不離棄我們。上帝是我們的力量和救恩的源頭。

榮耀歸與上帝💒

Rahmat TUHAN Baru Tiap Pagi
Jumat, 3 Februari 2023
Nats: Keluaran 15

TUHAN itu kekuatanku dan mazmurku, Ia telah menjadi keselamatanku. Ia Allahku, kupuji Dia, Ia Allah bapaku, kuluhurkan Dia. TUHAN itu pahlawan perang; TUHAN, itulah nama-Nya.

Keluaran 15:2-3 (TB) 

Setelah tulah terakhir dinyatakan di Mesir, memaksa Firaun mengijizinkan bangsa Israel keluar dari Mesir. Namun, setelah Israel keluar meninggalkan Mesir, Firaun kembali berubah pikiran, bersama seluruh pasukannya ia mengejar bangsa Israel, dan hendak membawa kembali bangsa Israel diperbudak di Mesir.

Melihat apa yang terjadi, di depan mereka ada laut, di belakang mereka tentara Firaun sedang mengejar, dalam kondisi terhimpit demikian bangsa Israel sangat ketakutan dan mengeluh kepada Musa. Di saat itulah Allah yang maha kuasa berkarya, melalui tongkat Musa, laut di belah menjadi dua, bangsa Israel berjalan di tanah yg kering, setelah Israel keluar dari lautan. Pasukan Firaun yang mengejar dengan keretanya, oleh tangan TUHAN yang kuat berperang melawan mereka, membuat roda kereta bermasalah ketika berada di tengah lautan, kini giliran pasukan  Mesir ketakutan, dan tahu bahwa Allah Israellah yang berperang melawan mereka, kemudian air yang besar kembali menutupi laut dan menenggelamkan Firaun dan pasukannya yang banyak.

Sungguh dahsyat demonstrasi kekuasaan Tuhan dinyatakan lewat pembelahan Laut Teberau? Kedahsyatan itu diungkapkan dalam nyanyian pujian yang agung yang dicatat dalam Keluaran 15 ini. Pujian yang keluar dari hati kagum sekaligus bersyukur. Kagum dan bersyukur karena keperkasaan Tuhan itulah yang menyelamatkan umat-Nya sekaligus memastikan penggenapan janji-Nya membawa bangsa Israel ke tanah Perjanjian.

Saudaraku, dalam situasi kondisi terhimpit yang sesulit apapun, bagai jalan di depan buntu adanya, dan tidak ada lagi jalan untuk mundur. Ingatlah masih ada Allah yang berkuasa menyertai. Tiada yang tidak mungkin bagiNya, lautan yang luaspun sanggup dibelahnya, apalagi masalah kita, seberat apapun bagiNya adalah perkara yang kecil, sebab itu serahkanlah segala perkara kita di hadapanNya, dan bersyukurlah bahwa TUHAN sama sekali tidak meninggalkan kita. TUHAN itulah kekuatan kita dan sumber keselamatan bagi kita.

Soli Deo Gloria💒