門柱上的紅記號 Tanda Merah di tiang pintu

🏮春節🏮特別默想
2023年2月2日(四)
經文:出埃及記第十二章

這血要在你們所住的房屋上作記號、我一見這血、就越過你們去、我擊殺埃及地頭生的時候、災殃必不臨到你們身上滅你們。你們要記念這日、守為耶和華的節、作為你們世世代代永遠的定例。

出埃及記 12:13-14 (CUVT) 

夜間時耶和華要將以色列人從埃及奴隸之地解放出來。神透過摩西和亞倫說給以色列人,每家每戶都要在他們所住的房屋塗上羊羔的血作記號。

這樣做是因為在埃及將要降臨最後一場大災殃來逼法老王允許以色列人離開。最後的一個災殃是針對那些門柱沒有塗上羔羊血的家戶的懲罰。

兄弟姊妹們,摩西時代的所作所為,讓我們想起了華人過年時在門柱貼上紅紙的習俗。兩者都有同樣的意義,就是關於保護家人、為家人祈福、為家人避險。

摩西時代羔羊的血的意義,就是象徵耶穌基督被釘在十字架上所流出的寶血。祂的寶血救贖我們脫離罪惡的奴僕,使我們脫離死亡的權勢。因此,每當我們在過年時看到貼在門柱上的紅紙,也讓我們想到神藉著耶穌基督的寶血所帶來的救恩。透過耶穌基督,我們也為我們的家人祈求眷顧與祝福。

榮耀歸與上帝💒

Renungan Khusus 🏮I M L E K🏮
Kamis, 2 Februari 2023
Nats: Keluaran 12

Dan darah itu menjadi tanda bagimu pada rumah-rumah di mana kamu tinggal: Apabila Aku melihat darah itu, maka Aku akan lewat dari pada kamu. Jadi tidak akan ada tulah kemusnahan di tengah-tengah kamu, apabila Aku menghukum tanah Mesir. Hari ini akan menjadi hari peringatan bagimu. Kamu harus merayakannya sebagai hari raya bagi TUHAN turun-temurun. Kamu harus merayakannya sebagai ketetapan untuk selamanya.

Keluaran 12:13-14 (TB)   

Saat malam TUHAN hendak membebaskan bangsa Israel dari perbudakan di Mesir. Allah telah berfirman melalui Musa dan Harun, agar setiap rumah orang Israel di tandai dengan darah anak domba di kedua tiang pintu rumah mereka.

Hal ini dilakukan oleh karena tulah terakhir yang akan dilakukan di Mesir ini memaksa Firaun mengijinkan bangsa Israel dibebaskan. Tulah terakhir yang dimaksud berupa penghukuman yang akan hadir bagi setiap keluarga yang tidak ditandai darah domba di tiang pintu mereka.

Saudaraku, apa yang dilakukan pada zaman Musa mengingatkan kita kebiasaan tradisi Tionghoa yang melekatkan kertas merah pada tiang pintu saat merayakan Imlek. Keduanya memiliki makna yang sama tentang perlindungan keluarga, berkat bagi keluarga dan menghindarkan  mara bahaya bagi keluarga.

Darah anak domba yang dimaksud pada zaman Musa, adalah lambang darah Yesus Kristus yang tersalib di atas kayu salib. Darahnya telah menebus kita dari perbudakan dosa, telah membebaskan kita dari kuasa maut. Karena itu, setiap kali kita melihat kertas merah yang melekat di tiang pintu saat perayaan Imlek, kita juga diingatkan akan keselamatan yang daripada Allah melalui darah Yesus Kristus. Melalui Yesus Kristus juga kita memohon perlindungan dan berkat bagi keluarga kita.

Soli Deo Gloria💒