福 :KEBERUNTUNGAN

🏮春節🏮特別默想
2023年1月21日(六)
經文:創世記第三十九章

約瑟住在他主人埃及人的家中.耶和華與他同在、他就百事順利。

創世記 39:2 (CUVT) 

“福”字是華人過年最常用的中文字。“福”字的涵義可以是祝福、好運或幸運。寫“福”字已經有幾千年的歷史,始於宋朝。

慶祝新春也是慶祝農業(農曆)。因此慶祝春節與農業有關的慶祝。不稀奇“福”字含幾個有意思的筆畫:

“一”意思一個,“口”意思嘴巴,“田”就是農田

因為華人的祖先以農業為生,為了“口”必須在田裡工作。但是我們的祖先知道只有在農田工作是不夠的,因此在前面加一個符號“礻”。這是甚麼符號?這個就是“神”的意思。

從“福”字開始,與上帝的敬拜有關。更準確的我們祖先知道,為了有好運在田裡工作,那需要依靠神。

我們知道約瑟的最後,上帝如何祝福一個從奴隸成為掌權埃及的人,很難接受的事實,但對上帝而言沒有難成的事。

今天聖經的經文說到有關於約瑟,他在他的生命中都是百事順利的人。即使約瑟曾經受到他弟兄惡意,他被賣在埃及成為奴隸。他的生命充滿熱心,每一天同與上帝一起度過。因與上帝的同在使他常常成功與幸運。

弟兄姊妹們,若上帝與我們同在,沒有任何事能阻擋我們。在人生的道路上不斷的相信上帝,不斷的充滿熱心與喜樂,相信上帝從來不撇棄我們。願在慶祝今年的農曆春節,讓我們更感恩上帝、更依靠祂。

榮耀歸與上帝💒

Renungan Khusus Perayaan 🏮IMLEK🏮
Sabtu, 21 Jan. 2023
Nats: Kejadian 39

Tetapi TUHAN menyertai Yusuf, sehingga ia menjadi seorang yang selalu berhasil dalam pekerjaannya; maka tinggallah ia di rumah tuannya, orang Mesir itu.

Kejadian 39:2 (TB)

福(fú) merupakan huruf aksara mandarin yang paling sering digunakan pada perayaan tahun baru Imlek. Makna huruf 福(fú) ini artinya berkat, keberuntungan atau good fortune. Budaya menulis huruf 福(fú) sudah dikenal sejak ribuan tahun yang lalu sejak zaman dinasti 宋(song)

Perayaan Imlek dikenal juga dengan “perayaan Agrikultur” (nónglì 农历). Dengan demikian perayaan Imlek adalah perayaan yang berhubungan dengan pertanian. Jadi tidaklah mengherankan huruf 福(fú), terdiri dari beberapa guratan yang masing-masing memiliki makna:
一(yi) artinya Satu
口(kou) artinya Mulut
田(tian) artinya Sawah
Oleh karena nenek moyang kita orang Tionghoa adalah bertani, maka demi “mulut” harus bekerja di sawah. Namun, nenek moyang kita tahu bekerja di sawah saja tidak cukup, maka di depan harus ada satu lambang lagi yakni “礻” . Lambang apakah ini? ini adalah lambang huruf 神(shen) yang artinya Tuhan.

Dari asal mula kata 福(fu), berhubungan dengan penyembahan kepada Tuhan. Tepatnya nenek moyang kita tahu,untuk dapat beruntung dalam bekerja di sawah, maka butuh mengandalkan Tuhan.

Nats Alkitab hari ini berbicara tentang seorang tokoh yang bernama Yusuf, ia adalah pribadi yang selalu berhasil dalam hidupnya. Sekalipun Yusuf pernah diperlakukan tidak baik oleh saudara-saudaranya, ia dijual dan menjadi budak di Mesir. Hidupnya penuh semangat, hari-hari yang dilalui penuh penyertaan TUHAN. Dan penyertaan TUHAN itulah yang membuatnya selalu berhasil dan beruntung.

Akhir kisah Yusuf kita tahu, bagaimana TUHAN memberkati sedemikian rupa dari seorang budak diangkat sampai menjadi wakil raja di Mesir, suatu kenyataan yang sulit dimengerti, namun bagi TUHAN tiada yang mustahil.

Saudaraku, bila TUHAN beserta kita, tiada satupun yang sanggup menghalangi kita. Tetaplah setia pada TUHAN, tetaplah bersemangat dan bersukacita dalam menjalani hidup, percayalah TUHAN sama sekali tidak meninggalkan kita. Biarlah dalam perayaan Imlek tahun ini, membuat kita semakin bersyukur kepada TUHAN dan mengandalkan Dia.

Soli Deo Gloria💒