神不喜悅的合一 Kesatuan Yang Tidak Berkenan Bagi Allah

上帝的恩典每日更新
2022年1月7日(六)
經文:創世記第十一章

耶和華說:看哪,他們成為一樣的人民,都是一樣的言語,如今既做起這事來,以後他們所要做的事就沒有不成就的了。我們下去,在那裡變亂他們的口音,使他們的言語彼此不通。於是耶和華使他們從那裡分散在全地上;他們就停工,不造那城了。

創世記 11:6-8 (CUVT) 

團結合一通常具有積極的內涵。然而,從今天的聖經經文中我們可以看到,存在的合一如何被上帝搞亂的。

建造巴別塔的目的是讓人高舉自己與驕傲,這是神所不喜悅的。人是神的創造,具有神的屬性和創造能力,這一切都用來榮耀神。

在舊約中,當上帝變亂了他們的統一語言,最後他們分散到世界各地,以至於世界各地誕生了不同的語言。然而在新約的五旬節當來自不同國家不同語言的人聚集在耶路撒冷時,在這個時候聖靈降臨,使他們都明白使徒所說的神偉大的作為。

兄弟姊妹們,全能的神能使合一也能使分散。祂要我們合而為一傳講祂成就了大事,就是創造和救贖罪人的工作。

榮耀歸與上帝?

Rahmat TUHAN Baru Tiap Pagi
Sabtu, 7 Jan. 2023
Nats: Kejadian 11

dan Ia berfirman: “Mereka ini satu bangsa dengan satu bahasa untuk semuanya. Ini barulah permulaan usaha mereka; mulai dari sekarang apa pun juga yang mereka rencanakan, tidak ada yang tidak akan dapat terlaksana.Baiklah Kita turun dan mengacaubalaukan di sana bahasa mereka, sehingga mereka tidak mengerti lagi bahasa masing-masing.”Demikianlah mereka diserakkan TUHAN dari situ ke seluruh bumi, dan mereka berhenti mendirikan kota itu.

Kejadian 11:6-8 (TB) 

Kesatuan umumnya memiliki konotasi yang positif. Namun, nats Alkitab hari ini kita dapat melihat bagaimana kesatuan yang ada justru dikacaubalaukan oleh Allah sendiri.

Pembangunan menara babel, yang bertujuan supaya manusia meninggikan diri dan menyombongkan diri, merupakan hal yang tidak dikehendaki TUHAN. Manusia ciptaan Allah, memiliki sifat-sifat Allah dan daya kreatif untuk mencipta, semuanya dipergunakan untuk kemuliaan Allah.

Dalam Perjanjian Lama kala Allah mengacaukan kesatuan bahasa mereka, akhirnya mereka tercerai berai ke seluruh dunia sehingga lahirlah berbagai bahasa di seluruh penjuru dunia.  Namun, kala Pentakosta dalam Perjanjian Baru, ketika orang-orang dari berbagai bangsa dengan berbagai bahasa berkumpul di Yerusalem, justru di saat itulah Roh Kudus tercurah, sehingga mereka semua bersatu mengerti apa yang dikatakan para Rasul tentang perbuatan Allah yang besar.

Saudaraku, Allah yang maha kuasa sanggup mempersatukan dan menceraikan. Dia menghendaki kesatuan kita untuk memberitakan tentang Dia yang telah melakukan perkara besar, yaitu karya penciptaan dan penebusan manusia yang berdosa.

Soli Deo Gloria?